Bagikan:

JAKARTA - Rencana Besar menjadi serial lokal terbaru yang akan hadir dalam Prime Video. Disutradarai Danial Rifki, serial ini menampilkan konflik politik yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris Indonesia.

Danial Rifki mengungkap serial ini akan menuturkan cerita dengan alur maju mundur, meski ceritanya sudah dirancang secara linear.

Rencana Besar ini genrenya thriler dan dia adalah genre whodunit yaitu mencari siapa pelakunya. Jadi kalau di genre thriller itu kita penguin penonton tetap di bangku. Kita gak bisa linear karena kalau linear itu nanti membosankan,” kata Danial Rifki dalam sesi wawancara pada Jumat, 29 September lalu.

For the sake of teka teki, memang polanya kita buka dengan isu besar lalu kita kupas satu-satu karakternya seperti apa dan permasalahnnya,” lanjut Danial.

Prisia Nasution juga turut menimpali bahwa setiap aktor dalam serial Rencana Besar mengetahui peranan dan progres mereka. Alhasil, setiap karakter akan memiliki cerita sendiri sementara ensembelnya tetap terjalin dengan kuat.

“Soal karakter, kita sudah reading by karakter pegangan masing-masing, misal Amanda background apa. Kalau linear diceritakannya mungkin orang stop sampai episode 3,” kata Prisia Nasution.

“Pas kita develop, kita sudah tahu karakternya apa, jadi kita tahu mau dibawa dari episode berapa sampai mana,” lanjutnya lagi.

“Penyajiannya gak selinear itu walaupun kita punya buku putih yang menjabarkan A sampai Z dan itu linear,” kata Danial.

Dwi Sasono yang turut berperan dalam serial ini juga memuji Danial Rifki yang pandai dalam merangkai cerita Rencana Besar.

“Tidak gampang untuk bikin cerita alur maju mundur, tapi sutradara kami, mas Danial menjaga tempo yang sama, jadi tidak ada yang fals, kalau ibaratnya musik ya,” kata Dwi Sasono.

Serial Rencana Besar menceritakan empat pegawai UBI yang dicurigai sebagai dalang dari penggelapan dana Rp17 miliar. Seorang polisi yang mencari tahu kasus ini justru menemukan kasus bank yang lebih dari sekadar kerugian finansial.

Ditulis dan disutradarai Danial Rifki, serial ini diperankan Dwi Sasono, Adipati Dolken, Prisia Nasution, Chicco Kurniawan, dan Hanggini. Seluruh episode bisa disaksikan mulai 5 Oktober 2023.