7 Tanda Fisik yang Menunjukkan Anda Tidak Sehat
Ilustrasi tanda fisik yang menunjukkan tidak sehat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Petunjuk visual menjadi tanda, termasuk bagaimana fisik Anda yang menandai Anda sedang tak sehat saat ini. Untuk itu Anda perlu mengenali dan mulai mengidentifikasi apa yang salah dengan pola hidup sehingga membuat kesehatan menurun atau berpotensi menyebabkan penyakit serius di hari depan.

1. Pinggang lebih besar daripada pinggul

Perut buncit menyebabkan ukuran pinggang lebih lebar daripada pinggul. Selain itu, seseorang berbentuk tubuh seperti buah pir, menurut Richard Stein, MD., profesor dokter klinis di Universitas Cornell, berpotensi mengalami penyakit jantung lebih tinggi. Penting dipahami, lemak perut menyebabkan insulin yang diproduksi secara alami pada pria bekerja kurang efisien, dilansir Men’s Health, Kamis, 21 September.

2. Cincin berwarna putih di tepi luar kornea mata

Dokter mata berbasis di New Orleans, Monica L. Monica, MD., Ph.D., menjelaskan. Kalau tampak lingkaran berwarna putih di tepi luar kornea mata, ini menandakan darah deras mengalir. Bagi pria berusia 30-an atau 40-an, ini merupakan tanda kolesterol tinggi. Garis putih tersebut adalah kolesterol yang menempel di jaringan halus kornea Anda. Untuk memastikan, Anda perlu cek kesehatan untuk melihat kadar kolesterol tubuh.

tanda fisik yang menunjukkan tidak sehat
Ilustrasi tanda fisik yang menunjukkan tidak sehat (Freepik)

3. Mata merah

Ketika mata merah, jelas Monica, mungkin karena pembekuan darah lambat atau darah encer. Pada akhirnya, pembuluh darah kecil di mata banjir sehingga warnanya merah. Biasanya, ini dialami seseorang yang minum aspirin berulang-ulang.

4. Bawah kuku mengalami pendarahan tanpa berbenturan atau teriris

Kalau area bawah kuku terjadi pendarahan kecil sekali, seperti serpihan kayu, jelas dokter unit gawat darurat Rumah Sakit Martha Jafferson, Charlottesville, Virginia, mungkin karena menderita endokarditis. Endokarditis adalah infeksi pada salah satu katup jantung. Perdarahan serpihan adalah gumpalan darah yang terlempar akibat infeksi dan kemudian tersangkut di pembuluh darah kecil.

5. Raut wajah kekuningan

Raut wajah berubah kekuningan bukan karena skincare yang Anda pakai. Tetapi secara medis, ini merupakan salah satu tanda gejala hepatitis, penyakit hati, atau penyakit kuning. Hati, termasuk organ yang tidak pernah mengeluh. Oleh karena itu, jarang orang mengetahui kalau organ ini mengalami masalah. Kalau raut wajah berubah kekuningan tanpa alasan yang jelas, penting untuk segera menemui dokter.

tanda fisik yang menunjukkan tidak sehat
Ilustrasi tanda fisik yang menunjukkan tidak sehat (Freepik)

6. Tahi lalat berukuran besar dan berwarna-warni

Umumnya tahi lalat berwarna gelap atau hitam. Namun apabila menemukan tahi lalat warna-warni, atau warnanya tidak hitam, bisa jadi itu adalah melanoma atau kanker kulit yang paling umum diderita pria. Periksa kulit Anda untuk mencari tahi lalat sebulan sekali, saran Stephen Webster, M.D., seorang profesor klinis dermatologi di fakultas kedokteran Universitas Minnesota.

Carilah tahi lalat yang asimetri, tidak bulat sempurna atau yang bentuknya tidak beraturan. Warna tahi lalat ronanya berubah di seluruh tahi lalat. Kalau diameternya lebih besar dari penghapus pensil maka saatnya untuk ke dokter kulit.

7. Skrotum lebih penuh satu sisi

Kalau skrotum pria tidak berukuran sama dan diikuti gejala tidak nyaman, kemungkinan besar karena varikkokel. Ini tidak lebih dari varises yang perlu diobati. Gejalanya meliputi ukuran testis berubah drastis, rasa tidak nyaman pada testis, penurunan kadar testosteron, dan, dalam banyak kasus, produksi sperma yang buruk.

Itulah ketujuh tanda fisik yang menunjukkan Anda tidak sehat. Untuk mencegah masalah kesehatan lebih parah, paling bijak melakukan rutin periksa dokter supaya mendapatkan diagnosa yang tepat.