Laris Manis di Pasaran, Rupanya Ini Penyebab Mi Instan Jepang Punya Rasa yang Bikin Nagih
Mi Instan Jepang (Quang Anh Ha Nguyen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 5,7 miliar mi instan cup diproduksi setiap tahun di Jepang. Menurut data 2018 yang dirilis oleh Asosiasi Industri Makanan Instan Jepang, ada lebih dari 99 juta mi instan terjual setiap tahun di 50 negara, tidak hanya di Jepang.

Data ini menunjukkan bahwa mi instan Jepang tidak hanya dinikmati oleh orang Jepang saja, tapi masyarakat dari berbagai negara pun doyan makan mi instan asal Jepang.

Dilansir dari Japan Today, Jumat, 5 Februari, berikut ini ada beberapa alasan yang membuat mi instan Jepang sangat populer, termasuk di luar negeri:

Diproduksi oleh restoran ramen ternama

Beberapa produk mi instan diproduksi langsung oleh restoran ramen ternama di Jepang. Hal ini menjadi keunggulan karena banyak orang bisa menikmati rasa ramen autentik lewat seporsi mi instan tanpa harus datang ke restoran.

Banyak restoran ramen berkolaborasi dengan produsen mi instan atau toko swalayan agar bisa diproduksi secara massal. Meskipun rasanya tidak sama persis dengan sajian di restoran, orang-orang setidaknya bisa menikmati mi dengan rasa kelas resto.

Mi instan produksi supermarket

Beberapa supermarket di Jepang memiliki merek mi instan sendiri, misalnya Conbini. Ada berbagai jenis dan rasa mi instan seperti tanmen yang hadir dengan banyak sayuran, atau ramen sederhana rasa kecap. Banyak orang asing membeli produk ini berulang kali karena rasanya enak dan murah.

Penyajian bumbu dan topping terpisah

Biasanya mi instan di beberapa negara menghadirkan bumbu dan topping secara campur. Tapi tidak dengan mi instan asal Jepang. Bumbu dan aneka topping dikemas terpisah.

Dalam kemasan mi instan Jepang, bumbu dan topping dikemas dalam bungkusan kecil. Tujuan pengemasan ini adalah untuk membantu menjaga kualitas dan kesegaran bumbu.

Mudah ditemui dan rasanya enak

Menurut orang-orang Eropa, mi instan Jepang sangat mudah ditemui di banyak tempat. Soal harga memang lebih tinggi dibandingkan di Jepang karena mi instan ini termasuk produk impor.

Tersedia dalam berbagai ukuran

Mi instan asal Jepang punya berbagai pilihan ukuran, dari porsi kecil hingga porsi jumbo. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera. Jika tidak terlalu lapar, bisa pilih mi instan kemasan kecil.

Untuk kualitas rasa, tidak ada perbedaan antara mi instan ukuran besar maupun kecil. Kelebihan lain dari mi kemasan kecil yakni bisa dibawa ke manapun tanpa membutuhkan tas besar. Mi kemasan kecil juga bisa jadi stok makanan di rumah dan siap jadi penolong kala lapar menyerang.

Banyak pilihan rasa

Mi instan Jepang umumnya memiliki rasa khas seperti kaldu shoyu atau kaldu babi. Tentunya ada banyak rasa lain yang hanya bisa ditemukan di Jepang, seperti mentaiko. Rasa autentik ini menjadikan mi instan Jepang diburu banyak orang, termasuk para wisatawan.

Beberapa produsen mi instan bahkan menghadirkan rasa lokal dari berbagai daerah di Jepang. Jangan lewatkan mi instan rasa yakisoba atau kari Jepang yang khas.

Hanya sedikit pilihan mi instan pedas

Secara umum, masyarakat Jepang tidak terlalu suka dengan makanan pedas. Jadi tak banyak pilihan mi instan berbumbu pedas di Negeri Sakura. Sehingga, orang menyiasatinya dengan menambahkan bubuk cabai agar rasa mi instan jadi pedas.

Banyak orang mengatakan mi instan Jepang cenderung memiliki kuah bercita rasa gurih ringan. Jika dibandingkan dengan mi instan dari negara lain, level pedas mi instan Jepang sangatlah rendah.