Tips Memanfaatkan Sosial Media Sebagai Sarana Edukasi untuk Menghasilkan Uang
Media Sosial (pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial memiliki banyak fungsi positif yang bisa kita manfaatkan. Beberapa platform bisa menghubungkan teman dan anggota keluarga yang jauh juga membantu kita terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi tempat aktualisasi diri. Seperti yang dilakukan Joseh Wijaya, TikTokers Pemenang empat kali Shopee Cocoki ini ingin fokus membuat konten edukasi di media sosial.

Joseph mengambil jurusan Computer Information System di Boston University, Amerika Serikat. Di usia 21 tahun, Joseph lulus program S2 dengan predikat Magna Cum Laude karena berhasil mencapai nilai IPK 3,83.

“Puji Tuhan, nilai IPK saya selalu memuaskan. Untuk mencapai itu semua, resepnya hanya satu, yaitu harus rajin belajar. Saya itu kalau belajar bisa sampai begadang lho, jadi semuanya tidak saya capai dengan mudah,” ujar Joseph saat dihubungi Senin, 28 Agustus.

Joseph juga memutuskan untuk menekuni profesi sebagai TikTokers. Setiap konten TikToknya lebih mengarah kepada pengalaman edukasinya, seperti tips and trik bagaimana cara mendapat nilai IPK yang tinggi dan bagaimana bisa kuliah di luar negeri.

“Saya ingin netizen jadi termotivasi bahwa mencapai IPK tinggi itu bukan sesuatu yang mustahil. Tentunya asalkan kita rajin dan konsisten dalam belajar,” tukas Joseph.

Sejak masih duduk di bangku kuliah sampai sekarang, setiap ada waktu luang dimanfaatkan Joseph untuk membuat konten. Beberapa konten TikTok Joseph memang sempat viral ditonton jutaan orang.

“Salah satu yang paling viral, hingga menembus viewers 8,3 juta adalah ketika saya memposting wisudawan bule yang merokok pada saat acara wisuda di Boston University. Buat orang kita, aneh aja kali ya, jadi banyak yang tertarik nonton video ini,” kata Joseph.

Berangkat dari kegemaran, ia pun kini mulai menerima tawaran endorse. "Sejumlah besar orang menggunakan media sosial setiap hari sehingga memudahkan bisnis untuk memasarkan produk. Penting untuk memahami cara kerja media sosial agar dapat memanfaatkan semua manfaatnya sambil menghindari kemungkinan masalah yang mungkin timbul dari penggunaan yang tidak tepat," pungkasnya.