Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat matahari bersinar terang dan Anda harus beraktivitas di luar ruangan, penting untuk memberikan perlindungan rambut. Saat berpanas-panas, kelembapan rambut rentan tersedot habis, jadi kering, ujungnya bercabang, dan warnanya memerah. Untuk merawat rambut saat bekerja atau aktivitas lainnya di luar ruangan, ikuti tips berikut ini agar kilau hitamnya terjaga.

1. Harus proaktif

Semakin Anda mengabaikan perlindungan pada rambut, maka hasilnya tidak akan memuaskan. Pasalnya, matahari bisa berdampak buruk pada rambut dan membuat rambut cenderung kering. Supaya cantiknya rambut tetap terjaga, Anda perlu proaktif memberikan perlindungan.

2. Pakai topi

Cara paling efektif memberikan perlindungan rambut agar tak kering karena terpapar matahari adalah dengan memakai topi pada hari-hari Anda berada di luar ruangan dalam waktu lama. Ada banyak jenis topi, selain topi baseball, bisa memakai topi jerami bertepi lebar, atau berbahan kanvas dan denim. Anda bisa memakai jenis topi apapun, selain bergaya utamakan untuk melindungi tambut. Supaya terhindar dari kerusakan, pastikan memberi pembatas antara surai rambut dan topi. Misalnya lingkarkan syal satin atau sutra di sekitar rambut sebelum mengenakan topi.

perawatan rambut agar tetap hitam berkilau saat sering berpanas-panas
Ilustrasi perawatan rambut agar tetap hitam berkilau saat sering berpanas-panas (Freepik)

3. Mengenakan syal penutup kepala

Apabila topi bukan pilihan Anda, maka bisa melingkarkan syal sutra atau satin panjang dan tipis di sekeliling rambut, lalu simpulkan pada tengkuk. Biarkan ujungnya menjuntai di punggung. Selain terlihat cantik, ini juga merupakan cara bagus untuk melindungi rambut pada musim panas.

4. Jangan terlalu sering mencuci rambut

Pada kondisi normal, setidaknya keramas seminggu sekali. Tetapi jika Anda berenang di musim panas, bilas rambut setiap kali selesai berenang di kolam atau laut. Karena keramas setiap hari juga membuat rambut kering, maka ikuti tips tertentu ini. Melansir Byrdie, Minggu, 27 Agustus, gunakan pembilasan dan pencucian kondisioner. Tetapi keramaslah dengan sampo yang dibuat untuk perenang ketika Anda berenang setiap hari. Lanjutkan dengan perawatan deep contioning.

Kalau Anda banyak berkeringat pada aktivitas luar ruangan, bilaslah dengan air. Atau Anda harus keramas karena menghilangkan keringat asin dari rambut menjaga helar-helainya tetap sehat serta tumbuh subur.

Penting dipraktikkan, ketika mencuci rambut fokuslah membersihkan kulit kepala. Jangan lupakan juga perawatan protein sesekali jika Anda sering berenang. Menambahkan protein penguat, membuat rambut Anda kuat dan lebih tahan terhadap panas.

5. Tata rambut dengan cara tertentu

Selain memakai topi, syal, dan berteduh sesekali saat beraktivitas di luar ruangan, ada alternatif cara menata rambut. Paling populer lakukan kepang rambut, kuncir kuda, updos, dan twist. Semua gaya ini tidak hanya menjauhkan rambut dari wajah atau leher, tetapi juga melindungi ujung rambut halus Anda. Dengan melindungi dari paparan panas, akan mencegah kekeringan rambut dan kerusakan berlebihan.