Ulang Tahun ke-32, Ini Perjalanan Karier Kyuhyun Super Junior
Kyuhyun (Twitter @SJofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, Rabu, 3 Februari, Kyuhyun dari grup Super Junior berulang tahun ke-32. Sebagai salah satu anggota dari grup legenda, nama Kyuhyun sudah meluas baik di Asia maupun internasional.

Berkarier lebih dari 10 tahun, penyanyi bernama asli Cho Kyuhyun ini menjalani berbagai proyek mulai dari seni peran, musikal, sampai menjadi solois. Empat karier besar Kyuhyun kami rangkum melalui artikel ini.

Pangeran Ballad

Kyuhyun dinobatkan sebagai Pangeran Ballad berkat suaranya. Dia juga bergabung dalam grup SM The Ballad dan Super Junior KRY sebagai vokalis utama.

Pria alumni Kyunghee University ini juga laris manis mengisi soundtrack drama Korea dan tidak jarang lagunya selalu menempati posisi teratas tangga lagu Korea Selatan. Beberapa kolaborasi bersama musisi papan atas juga pernah dilakukan. Salah satu rilisan solonya, At Gwanghwamun menjadi lagu tersukses yang Kyuhyun pernah rilis.

Bintang Variety Show

Di samping gemar bernyanyi lagu ballad, Kyuhyun dikenal sebagai bintang variety show yang lucu. Beragam genre variety show dia geluti mulai dari musik sampai komedi. New Journey To The West menjadi acara yang menampilkan kemampuan komedi Kyuhyun sehingga julukan Drunk Cho pun melekat kepadanya.

Saat ini, Kyuhyun tampil dalam acara Things That Make Me Groove, Sing Again dan Mystical Record Shop.

Panggung Musikal

Kemampuan menyanyi ballad-nya juga dilakukan melalui sejumlah panggung musikal. Sejak tahun 2010, Kyuhyun berpartisipasi dalam produksi musikal sebagai pemeran utama.

Setelah membintangi The Man Who Laughs dan Werther, tahun ini Kyuhyun dikonfirmasi bergabung dalam produksi Phantom sebagai The Phantom.

Proyek Terbaru

Disibukan dengan sejumlah aktivitasnya, nyatanya Kyuhyun tetap giat merilis lagu solo. PROJECT : хнг atau Season adalah proyek terbarunya di mana setiap musim berganti, Kyuhyun akan membagikan satu lagu baru.

Lagu pertamanya, Dreaming dilanjutkan dengan Daystar. Pada akhir Januari lalu, Kyuhyun merilis lagu Moving On sebagai representasi musim dingin. Video musiknya telah diluncurkan pada 26 Januari dan dibintangi oleh Gong Myung dan Chae Soo Bin.

Di hari ulang tahun Kyuhyun, penggemar Super Junior mengirimkan ucapan selamat kepada idola mereka menggunakan #HappyKyuhyunDay. Mereka berharap Kyuhyun terus beraktivitas sebagai idola dan penyanyi yang dibanggakan.