Film Yuni Dipilih Jadi Pembuka Road to Jakarta Film Week, Celebration ASEAN Cinema
Film Yuni akan ditampilkan dalam Road to Jakarta Film Week (JFW): Celebration ASEAN Cinema (dok. Jakarta Film Week)

Bagikan:

JAKARTA - Road to Jakarta Film Week (JFW): Celebration ASEAN Cinema digelar di Jakarta pada 11-13 Agustus dalam rangka menyambut perhelatan akbar Jakarta Film Week 2003 yang akan digelar pada 25-29 Oktober mendatang.

Kali ini JFW menjalin kolaborasi internasional dengan negara-negara ASEAN dalam rangka keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN 2023. ASEAN pun turut memberikan dukungan penuh terhadap JFW sebagai upaya memperkuat perkembangan budaya dan ekonomi ASEAN melalui industri perfilman.

Road to Jakarta Film Week: Celebration of ASEAN Cinema dimulai dengan penayangan Film Yuni di CGV Pacific Place, Jakarta hari ini, Jumat, 11 Agustus.

Acara akan berlanjut dua hari ke depan dengan penayangan film-film dari negara-negara ASEAN di Kineforum, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Film-film yang akan diputar berasal dari berbagai negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia, Laos, Filipina, Vietnam, Singapura, Myanmar, Malaysia, dan Thailand.

Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta sekaligus lembaga yang menginisiasi Jakarta Film Week berharap kolaborasi yang dilakukan bisa membuka peluang baik untuk industri perfilman Indonesia.

“Inisiatif kolaborasi antara Jakarta Film Week dan ASEAN ini adalah langkah yang sangat positif. Terutama, jika melihat pertumbuhan yang signifikan dalam sektor perfilman di kawasan ASEAN,” ujar Andhika Permata dalam rilis tertulis yang diterima VOI pada Jumat, 11 Agustus.

Diharap pelaku industri kreatif, khususnya dunia perfilman dapat memanfaatkan kolaborasi ini untuk bersinergi lebih kuat dengan negara tetangga demi kemajuan industri film dalam negeri.

“Oleh karena itu saya menyampaikan harapan kepada rekan-rekan di dunia industri kreatif, khususnya di sektor perfilman, agar dapat bersinergi dengan lebih kuat. Peluang untuk menjalin kolaborasi yang lebih dalam pun dapat muncul, dan janganlah kita lupa bahwa peluang tersebut dapat bertransformasi menjadi landasan yang baru dalam perkembangan industri film di wilayah ASEAN, yang tentunya juga akan memperkuat daya saing industri film di Indonesia,” kata Andhika Permata.

Senada dengan Andhika Permata, Rina Damayanti selaku Festival Director JFW mengungkapkan bahwa kolaborasi ini dapat menjadi awal yang baik untuk kolaborasi yang lebih kuat lagi di masa mendatang.

"Celebration of ASEAN Sinema merupakan sebuah acara yang bertujuan untuk menghargai pencapaian dan apresiasi yang diterima oleh para sineas dari negara-negara anggota ASEAN dalam panggung internasional. Selain itu, perayaan ini juga mencerminkan prestasi dalam kreativitas dan inovasi di industri perfilman ASEAN,” tutur Rina Damayanti.

“Melalui penayangan karya-karya film dari sineas-sineas ASEAN, kami mengungkapkan apresiasi terhadap keanekaragaman budaya dan kekuatan naratif lokal yang mampu membuka ruang pikiran, mendorong dialog, serta memupuk semangat kerja sama di seluruh kawasan. Rangkaian film yang kami hadirkan ini bertujuan menembus batas-batas teritorial dengan menghadirkan cerita-cerita yang tidak hanya mencerminkan identitas, tetapi juga memiliki daya resonansi di berbagai sudut wilayah Asia Tenggara. Konteks inilah yang kami upayakan untuk disuarakan melalui medium film, sebagai bentuk nyata dari solidaritas yang mengusung nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.,” lanjutnya.

Adapun, Road to Jakarta Film Week: Celebration ASEAN Cinema terbuka untuk umum yang pendaftarannya dapat dilakukan melalui akun Instagram resmi Jakarta Film Week.

Sebagai informasi tambahan, Jakarta Film Week 2023 sudah siap untuk dihelat pada Oktober mendatang. Tahun ini, proses pendaftaran film telah ditutup pada tanggal 31 Juli, dengan total 750 film yang didaftarkan dari 55 negara.

Sementara itu, bagi para produser yang berminat, pendaftaran program Producer's Lab yang bekerjasama dengan Indonesiana, Akatara, Platform Busan, dan BIFAN masih dibuka hingga tanggal 14 Agustus. Pendaftaran untuk program Series (Jakarta Film Week: Celebration ASEAN Cinema) juga masih dibuka hingga 14 Agustus 2023.