Penyanyi Tony Bennett Didiagnosis Alzheimer
Tony Bennett (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Keluarga Tony Bennett mengungkap, penyanyi legendaris itu sedang berjuang melawan penyakit alzheimer. Tony Bennett didiagnosis menderita slzheimer sejak empat tahun lalu.

Istrinya, Susan, mengatakan kepada Majalah AARP dalam wawancara yang diterbitkan pada Senin kemarin, penyanyi 94 tahun yang dikenal dengan lagu I Left My Heart in San Francisco telah kehilangan kemampuan untuk membuat keputusan.

Tony Bennett, pemenang 18 penghargaan Grammy yang memulai karier pada 1950-an, tetap ceria namun kondisinya makin memburuk, kata istrinya.

"Dia akan bertanya kepadaku, 'Apa itu Alzheimer?' Saya jelaskan, tapi dia tidak mengerti," kata istrinya dilansir Antara, Selasa.

Gayatri Devi, ahli saraf di Lenox Hill Hospital di Manhattan, mendiagnosis Bennett pada 2016. Devi mendorong keluarga Bennett untuk membiarkan sang penyanyi tetap menyanyi dan manggung selama ia masih menikmatinya.

Menurut Asosiasi Alzheimer, penyakit fatal itu menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan nalar.

Bennett sejauh ini terhindar dari disorientasi yang terkadang dapat mendorong pasien untuk berkeliaran di luar rumah atau mengalami teror, kemarahan, atau depresi, kata artikel majalah itu.