Kapan Waktu Boarding Pesawat? Ini Penjelasannya
Kartu boarding pass (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Waktu boarding pesawat jadi saat yang kadang diremehkan oleh penumpang. Padahal, aktivitas boarding sangat penting sekaligus berpengaruh pada ketepatan waktu baik dari sisi penumpang maupun maskapai. Lalu, kapan waktu boarding pesawat sebenarnya?

Kapan Waktu Boarding Pesawat?

Boarding adalah salah satu istilah yang digunakan dalam prosedur pemuatan penumpang ke pesawat. Istilah boarding bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh penumpang saat masuk ke dalam kendaraan pesawat.

Aktivitas boarding tidak dilakukan secara sembarangan. Sebelum boarding time terjadi, calon penumpang harus  sudah ada di area boarding lounge atau istilah sederhananya area tunggu. Boarding time sendiri dilakukan selama 20 hingga 30 menit sebelum pesawat lepas landas, tergantung maskapainya.

Maskapai boleh melalui proses boarding 20 hingga 30 menit sebelum keberangkatan. Dengan begitu penumpang tidak terlalu lama menunggu waktu keberangkatan di dalam pesawat melainkan di area tunggu.

Perlu diketahui juga bahwa penumpang harus melalui beberapa prosedur sebelum naik pesawat. Prosedur penumpang menaiki pesawat diharapkan untuk diikuti demi keselamatan dan ketertiban. Berikut ini rangkumannya.

  1. Persiapan

Tahap pertama, calon penumpang harus melakukan persiapan lebih dulu. Pastikan calon penumpang sudah memiliki tiket sesuai keberangkatan. Selain itu cek juga barang bawaan, usahakan agar barang bawaan tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

  1. Datang Lebih Awal

Setelah semua yang dibutuhkan sudah siap, segera menuju ke bandara. Dianjurkan untuk datang ke bandara 2-3 jam lebih dulu dari jadwal penerbangan. Saran ini dilakukan agar penumpang tidak terburu-buru selama di bandara.

  1. Check-in

Setibanya di bandara, calon penumpang harus check-in lebih dulu. Langkah ini wajib dilakukan karena sudah menjadi prosedur tetap bagi para penumpang. Check-in sendiri bisa dilakukan secara offline maupun online. Calon penumpang bisa bertanya kepada petugas tentang prosedur check-in yang ditetapkan di bandara.

  1. Boarding

Jika calon penumpang telah lolos tahap pemeriksaan saat chec-in, proses boarding bisa dilakukan dengan masuk ke gate atau pintu gerbang yang sesuai dengan boarding pass, kartu ini diberikan saat check-in. Kedatangan penumpang di tahap ini juga harus lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan.

  1. Masuk ke Pesawat

Calon penumpang akan mendapat instruksi yang disiarkan sesuai keberangkatan. Artinya, jika belum memasuki masa boarding pass maka penumpang harus menunggu. Setelah memasuki boarding time, penumpang baru boleh masuk ke pesawat.

Saat masuk ke dalam pesawat, cari tempat duduk sesuai dengan nomor yang sudah tertera di boarding pass. Jika kesulitan mencari nomor boarding pass, penumpang bisa bertanya kepada pramugari dan meminta untuk diantarkan.

Nanti pramugari akan meragakan prosedur keamanan dan evakuasi darurat. Penumpang diharap untuk menyimak instruksi tersebut. Pastikan penumpang taat terhadap aturan yang sudah ditetapkan.

  1. Turun dari Pesawat

Setelah pesawat mendarat, penumpang tidak boleh langsung keluar karena harus menunggu arahan dari pramugari.

Itulah informasi tentang kapan waktu boarding pesawat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.