Biar Enggak Monoton, Ini 6 Tips Simpel Menambah Warna Lanskap di Belakang Rumah
Ilustrasi (Aysegul Alp/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menambah warna di lanskap belakang rumah tidak harus sulit atau menguras biaya. Pasalnya, warna-warni ini bisa berasal dari berbagai sumber. Bisa dari furnitur, seni taman, cat, pot, ubin, dan tentu saja tanaman.

Biar lanskap belakang rumah Anda enggak monoton, mari simak tips simpel menambah warna pada lanskap. Tips ini VOI sadur dari laman Reader’s Digest, Jumat, 28 Juli.

1. Pilih furnitur outdoor yang warna-warni

Area duduk dan meja sering berfungsi sebagai titik fokus dalam lanskap, sehingga tepat menambah sedikit warna di tempat ini. Hindari pemilihan bantal kursi warna cokelat atau gelap. Pilihlah warna terang yang menarik, bisa juga tambahkan beberapa bantal baru agar makin nyaman.

2. Letakkan pot tanaman warna-warni

Salah satu cara termudah untuk membuat taman yang lebih berwarna adalah dengan menambahkan pot tanaman dalam nuansa biru, magenta, oranye, ungu, atau bahkan merah. Ini adalah kesempatan menciptakan variasi warna mencolok.

Memadukan pot warna-warni dengan tanaman yang berharga daunnya seperti herba, hosta, dan succulents, merupakan cara mudah lainnya dalam menciptakan nuansa ceria pada lanskap. Anda juga dapat menambah sentuhan hijau di pintu dengan menanam tanam berdaun lebar.

3. Cat dinding dengan warna menarik

Hanya diperlukan satu kaleng cat dan beberapa jam untuk memasukkan lanskap dengan rona warna-warni. Saat memilih warna cat, pilihlah warna yang akan melengkapi area sekitar, termasuk furnitur luar ruangan dan tanaman. Roda warna dapat membantu memutuskan menggunakan warna komplementer atau analog.

4. Tambahkan ubin dekoratif

Ubin hadir dalam berbagai warna dan desain. Sehingga menjadikannya bahan yang bagus untuk menambah warna pada beberapa bangunan di luar ruangan. Seperti tangga, meja dapur, atau fitur air, atau dapat digunakan untuk membuat mural.

5. Cerahkan dinding kosong dengan mural

Ini adalah tips yang sangat membantu jika ruang Anda cukup terbatas. Mural tidak memakan banyak ruang di halaman dan hanya memerlukan dinding kosong saja. Anda bisa menciptakan mural berbentuk tanaman atau gambar seni lainnya. Mural bisa jadi pilihan menarik mendandani halaman belakang rumah.

6. Tambahkan pot dengan bunga berwarna-warni

Salah satu cara mudah menambah warna di luar ruangan adalah dengan meletakkan tanaman bunga warna warni ke dalam pot. Tanaman ini tidak hanya mempercantik lingkungan, tetapi juga dapat dipindahkan ke lokasi lain dan diubah sesuai musim sesuai keinginan pada waktu tertentu.

Pot bunga gantung menambah warna pada tingkat yang lebih tinggi dan dapat digunakan untuk membingkai pemandangan dari jendela.