Bagikan:

JAKARTA - Aktor sekaligus penyanyi Jane Birkin meninggal pada Minggu, 16 Juli kemarin. Kabar ini dikonfirmasi Kementerian Budaya Prancis dalam sebuah cuitan.

“Kolaborasinya dengan (Serge Gainsbourg, Etienne Daho and Agnès Varda) membuatnya menjadi ikon Prancis yang tidak lekang oleh waktu,” begitu cuitan akun pada hari yang sama.

Penyebab meninggalnya Jane Birkin tidak diungkapkan namun menurut laporan ABC News, sang aktris mengalami masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk stroke pada tahun 2021 yang menyebabkan ia tidak bisa aktif dalam industri hiburan.

Lahir pada Desember 1946 di London, Jane Birkin menjadi populer setelah tampil dalam film Slogan saat usianya 20 tahun. Ia juga bertemu dengan Gainsbourg dan membuat kolaborasi berjudul Je T'Aime... Moi Non Plus.

Jane Birkin juga dikenal dengan gaya berpakaiannya yang disebut menjadi ikon fashion di era ‘70-an. Namanya juga menjadi inspirasi dari Birkin bag, tas ikonik yang diciptakan Hermès.

Aktingnya mulai menjadi perhatian dalam sejumlah film seperti The Blow-Up (1966), Death on the Nile (1978) dan Evil Under the Sun (1982). Ia juga menyutradarai film pertamanya, Boxes pada tahun 2007.

Birkin terakhir kali berakting dalam La femme et le TGV, film pendek yang dibuat oleh Timo von Gunten dan mendapat nominasi dalam Academy Award. Dalam sebuah wawancara, ia membenarkan film pendek itu menjadi karya akting terakhirnya.

Kemudian pada tahun 2017 ia merilis Birkin/Gainsbourg: Le Symphonique, koleksi lagu buatan Gainsbourg yang ditulis untuknya semasa mereka menjalin hubungan spesial.

Kepergian Jane Birkin meninggalkan duka yang mendalam dari industri hiburan Eropa. Presiden Prancis, Emmanuel Macron menuliskan, “Karena dia mewujudkan kebebasan, dia menyanyikan kata yang indah dalam bahasa kami, Jane Birkin adalah ikon Prancis.”

“Artis yang komplit, suaranya semanis dirinya yang berapi-api. Dia mewariskan lagu dan gambar yang tidak pernah meninggalkan kita,” katanya lagi.

Jane Birkin meninggal pada usia 76 tahun dan meninggalkan dua anak, enam cucu, serta adiknya Andrew Birkin dan kakaknya, Linda.