Bagikan:

JAKARTA - Ria Ricis merayakan Iduladha 2023 dengan ikut berkurban seekor sapi yang diberi nama Hayabusa. Sapi besar berambut putih itu dibelinya dari Purworejo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Istri dari Teuku Ryan itu mengatakan jika dirinya mendapat rekomendasi dari seseorang untuk membeli hewan kurban di Purworejo. Ia mengaku diberi tahu bahwa sapi di sana adalah yang terbaik.

“Karena itu salah satu yang direkomendasikan. Kemudian, berat sapinya mencapai 1,1 ton dan sehat. Terus, katanya itu sapi terbaik di sama. Jadi memang direkomendasikannya yang itu,” kata Ria Ricis di Bintaro, Tangerang Selatan pada Kamis, 29 Juni.

Ricis bersyukur bisa berkurban sapi sesuai dengan harapannya. Ia juga senang bisa ‘bermain’ dengan Hayabusa sebelum dikurbankan.

“Jadi, waktu main bareng tuh, kalau orang lihat sapi ngerep itu pasti takut ya, kalau aku tuh malah aku deketin. Dan ternyata pas dideketin tuh nggak ngeraung itu, dan ternyata dia memang ngajak main,” tuturnya.

Meski mengaku sudah mengikhlaskan Hayabusa untuk dikurbankan, Ricis mengaku sempat sedih. Ia merasa pertemuannya dengan Hayabusa masih kurang.

“Soalnya Hayabusa kan (dibeli) di Purworejo, jauh banget, harus naik pesawat, makan waktu seharian, perjalanannya jauh juga. Jadi, ketemunya baru tiga sampai empat kali, terus tiba-tiba harus dihadapkan dengan perpisahan, kan sedih,” ujar Ricis.

“Kan kita nggak boleh sedih ya, karena kita harus lebih cinta sama Allah daripada sama makhluk yang ada di dunia ini. Jadi, nggak bisa terbendung lagi,” lanjutnya.

Terkait nama Hayabusa untuk sapi kurban, Ricis menyebut nama tersebut sudah diberikan oleh pemilik sapi sebelum dibelinya. Ricis sendiri tidak berniat untuk memberi nama baru untuk sapi yang dibelinya itu.

Adapun, Hayabusa dikurbankan tidak hanya untuk Ria Ricis. Ada enam orang lain yang berkurban untuk sapi dari Purworejo itu.

“Insya Allah ada tujuh orang ya, orang tua kita, ada kita juga (Ria Ricis dan Teuku Ryan), dan juga ada Moana,” pungkas Ria Ricis.