Ini Penyebab Orang Dewasa Hanya Memiliki Sedikit Teman
Ilustrasi (Pexels-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika masih anak-anak, menjadi remaja, hingga beranjak dewasa, Anda mungkin menyadari bahwa banyak teman di sekeliling. Pada masa sekolah hingga kuliah, Anda menghabiskan waktu luang untuk bergaul dan menambah teman dari berbagai lingkungan berbeda. 

Namun, seiring bertambahnya usia, sadarkah Anda bahwa jumlah teman semakin sedikit? Malah jumlahnya bisa dihitung jari. Kebanyakan teman yang ada saat ini pun memang sudah kenal sejak lama. Kemudian, Anda menyadari bahwa sudah cukup lama tak punya teman baru yang tak berkaitan dengan relasi pekerjaan. 

Tenang, bukan Anda aja yang merasakan hal seperti ini. Nyatanya, banyak orang dewasa mengalami hal serupa. Kira-kira apa ya penyebabnya? 

Punya teman banyak bukan prioritas

Ketika masih remaja, ada kebanggaan tersendiri saat punya banyak teman. Setiap bepergian, Anda mungkin akan bertemu teman di mana-mana, mudah akrab pula dengan orang baru. Setelah semakin dewasa, ternyata prioritasnya tak lagi sama. Anda akan mementingkan kualitas dibanding kuantitas. 

Anda mungkin akan berhubungan dengan 2-3 teman saja. Namun, setiap pertemuan jadi lebih intim karena memang hubungan kalian dekat. Anda lebih bisa menikmati obrolan yang lebih dalam, bukan sekadar basa-basi. 

Malas menghadapi drama pertemanan 

Tak bisa dimungkiri, hubungan pertemanan pun seringkali diwarnai drama dan pertengkaran. Setelah dewasa, Anda merasa tak ingin buang waktu untuk terjebak dalam drama tak penting. Anda pun memilih menghindar dari teman-teman toxic, geng yang lebih banyak bergunjing, dan memilih teman yang memang cocok. 

Tak masalah dengan tidak banyak teman

Banyak orang dewasa memilih untuk menyendiri dibanding bersama teman-teman yang bikin risih. Jika saat remaja Anda selalu pergi beramai-ramai bersama teman, setelah dewasa rasanya sendiri pun tak jadi masalah. Anda merasa tak harus selalu bergerombol jika hanya ingin sekadar belanja di mall atau nonton di bioskop. Semakin dewasa, Anda semakin tahu teman seperti apa yang paling cocok. 

Banyak yang berubah setelah dewasa

Anda banyak berubah setelah dewasa. Mulai dari pola pikir hingga pandangan tentang hidup. Anda pun pun semakin sadar bahwa selama ini merasa kurang cocok dengan pertemanan sampai akhirnya memilih menjauh. Walau saat ini teman hanya sedikit, tapi mereka bisa memberikan kenyamanan dan dapat diandalkan. 

Semakin sibuk 

Waktu masih sekolah atau kuliah, Anda punya banyak waktu untuk bergaul. Setelah mulai bekerja, hari demi hari semakin sibuk. Apalagi ketika sudah berkeluarga dan punya anak. Anda akan semakin malas kalau bertemu teman hanya untuk berbasa-basi. Akan lebih menyenangkan rasanya jika meluangkan waktu untuk bertemu teman-teman dekat.