Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing liar yang sering datang di depan pintu rumah, membutuhkan perhatian. Banyak ulasan yang mengaitkan kedatangan si kucing liar dengan aspek spiritualitas. Ada pula yang menganggap bahwa kucing datang sebagai pembawa rejeki atau membawa pesan untuk berbagi rejeki. Namun paling nyata, kucing liar bisa karena mereka tersesat dari rumah inangnya atau memang benar-benar liar sejak mereka bayi. Lantas apa yang perlu dilakukan ketika kucing liar datang ke rumah Anda?

1. Beri makanan dan air

Jika kucing liar yang datang ke rumah Anda terlihat ramah, dekati secara perlahan dan ajak bicara dengan suara lembut. Kemudian letakkan makanan kucing dan semangkuk air. Melansir Home&Roost, Selasa, 13 Juni, kucing liar akan menjaga jarak. Ini juga perlu Anda lakukan agar tak menggigit atau mencakar. Perlu diingat, memberi makanan hewan liar akan mendorongnya untuk kembali lagi. Jadi persiapkan tempat makanan di tempat yang aman di luar rumah sehingga mereka dapat mengaksesnya.

2. Sediakan tempat yang hangat dan aman

Jika cuaca di luar sedang dingin dan hujan, berikan tempat berteduh yang aman dan hangat. Taruh hewan liar tersebut jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan Anda di rumah. Jika kucing basah dan cukup jinak, berikan handuk untuk mengeringkannya. Jika kucing terlalu agresif, hindari menyentuhnya dan biarkan ia lebih tenang.

kucing liar sering datang ke rumah
Ilustrasi kucing liar sering datang ke rumah (Freepik/wirestock)

3. Periksa dan identifikasi

Kucing liar, mungkin mereka benar-benar liar dan tak punya tuan rumah. Tetapi Anda perlu memeriksanya, siapa tahu mereka tersesat dari rumahnya. Cek apakah kucing tersebut mengenakan kalung yang tertera kontak pemiliknya. Jika iya, segera hubungi mereka.

Kucing yang tersesat tentu akan stres. Jadi biarkan mereka tetap aman dan letakkan di tempat yang tidak terakses hewan peliharaan Anda di rumah. Ini untuk berjaga-jaga jika ada kutu, kudis, cacing, atau penyakit lainnya yang dapat ditularkan ke hewan di rumah Anda.

4. Bawa kucing ke dokter hewan

Kucing yang tidak memakai kalung, mungkin bisa terkena beberapa penyakit. Sarannya, bawa kucing tersebut ke dokter hewan atau pusat penyelamatan lokal. Mungkin juga Anda bisa menghubungi pemiliknya lewat diumumkan di sosial media. Namun jika tak ada pemiliknya, mintalah dokter hewan melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap.

5. Mengadopsi kucing tersebut

Jika Anda tak menemukan pemiliknya dan tertarik mengadopsinya, maka tak ada salahnya untuk memilikinya. Tetapi ingat, mengadopsi kucing adalah tanggung jawab yang sangat besar. Anda perlu memvaksin, pemeriksaan rutin, mengebiri, hingga merawatnya sehari-hari. Jika tak memungkinkan, tawarkan pada anggota keluarga, teman, atau tetangga Anda. Selain itu, Anda juga bisa berbicara dengan tempat penampungan lokal. Mereka bisa membantu sementara hingga mendapatkan adopter.

kucing liar sering datang ke rumah
Ilustrasi kucing liar sering datang ke rumah (Freepik)

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan ketika kucing liar sering datang ke rumah Anda. Apabila Anda bukan orang yang telaten memberi makanan ketika kucing datang, jangan sampai melukai atau membuat hewan berbulu ini cedera atau terluka.