5 Tipe Kepribadian Kucing yang Jarang Dikenali Pecinta Anabul
Ilustrasi tipe kepribadian kucing yang jarang dikenali (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak pecinta anabul kucing yang tidak mengenali tipe kepribadian binatang yang dianggap lucu ini. Menurut penelitian hewan, ada lima tipe kepribadian kucing. Masing-masing memiliki ciri khas dan kepribadian berbeda-beda seperti yang dipaparkan berikut ini.

1. Kucing yang dekat dengan manusia

Kepribadian kucing yang pertama, penuh kasih sayang dan senang berada di dekat manusia. Sebagian kucing yang dekat dengan manusia bisa menyesuaikan diri dengan baik. Dalam banyak hal, kucing tipe ini “ideal” untuk dijadikan hewan peliharaan. Buruknya, kucing yang dekat dengan manusia ini cenderung mengalami kecemasan karena perpisahan dengan ‘majikannya’ dan tidak senang berbagi dengan hewan lain.

tipe kepribadian kucing yang jarang dikenali
Ilustrasi tipe kepribadian kucing yang jarang dikenali (Freepik)

2. Kucing yang keras kepala

Berbeda dengan karakter sebelumnya, kucing yang keras kepala sebenarnya bukan kucing liar. Tetapi mereka tidak terlalu suka disentuh, digendong, atau berinteraksi dengan manusia. Kucing dengan tipe karakter ini cenderung gelisah, gugup, dan mungkin tidak pernah merasa nyaman berdampingan hidup dengan manusia. Bukan berarti mereka tak bisa tinggal secara domestik, tetapi kucing keras kepala tidak bisa bersikap hangat atau diemong. Mereka lebih suka hidup mandiri, mudah marah, meskipun tetap menerima kasih sayang walau jarang-jarang.

3. Kucing pemburu

Tipe karakter ini adalah kucing yang paling dekat dengan alam karena liar. Kucing pemburu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berburu, entah itu mengejar tikus, atau hewan buruan lainnya. Melansir PetKeen, Selasa, 19 Desember, kucing pemburu tampaknya tidak memahami kalau owner menyediakan makanan untuk mereka tanpa berburu. Mereka juga tidak menoleransi kasih sayang.

tipe kepribadian kucing yang jarang dikenali
Ilustrasi tipe kepribadian kucing yang jarang dikenali (Freepik/wirestock)

4. Kucing yang lebih suka bersosial dengan sesamanya

Tipe kepribadian kucing yang selanjutnya, mereka penuh kasih sayang terhadap sesamanya. Mereka memilih menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat dan bermain dengan kucing lain. Meskipun mereka dipelihara di rumah, tetapi tipe kepribadian ini lebih suka ditemani kucing lain.

5. Kucing yang memiliki keingintahuan tinggi

Kucing-kucing tipe kepribadian ini, suka menjelajah dan menghabiskan sebagian besar waktunya mengendus-endus di sekitar rumah. Setiap pengunjung rumah, baik itu manusia atau hewan lainnya, diperiksa secara menyeluruh. Mereka mungkin menoleransi, tetapi ada kemungkinan tidak menoleransi makhluk yang berbau asing bagi mereka.

Kucing tipe kepribadian yang punya keingintahuan tinggi, suka mainan, terutama bermain dalam kotak, tas, atau labirin. Mereka berani dan percaya diri, biasanya tidak bisa hidup baik saat berada di luar ruangan.

Selain lima tipe kepribadian kucing di atas, para peneliti dari University of South Australia menyarankan, Anda tidak perlu fokus pada ciri-ciri kepribadian kucing. Karena pada prinsipnya, kucing memiliki kegelisahan, keterbukaan, dominasi, spontanitas, ataupun keramahan pada manusia. Komposisi dari prinsip kepribadian tersebut ada yang dominan dan lemah. Untuk itu, penting mengenali kepribadian dengan tujuan membuat mereka bisa nyaman tinggal di rumah bersama manuasia.