5 Kiat <i>Sexual Aftercare</i> untuk Merawat Keintiman Usai Bercinta
Ilustrasi kiat merawat keintiman usai bercinta dengan sexual aftercare (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sexual aftercare adalah waktu yang dihabiskan pasangan untuk merawat satu sama lain setelah berhubungan seks. Ini bisa melibatkan aktivitas lembut, seperti berpelukan, berbicara, atau memijat. Aktivitas ini membantu memperkuat ikatan, setiap orang merasa aman, serta terlindungi.

Sebuah penelitian dilansir Medical News Today, Senin, 12 Juni, menemukan bahwa perilaku kasih sayang setelah bercinta berkaitan dengan kepuasan seksual dan hubungan lebih tinggi. Berikut kiat sexual aftercare usai hubungan seksual.

1. Bercengkerama

Orang yang telah menikah memiliki tingkat kepuasan hubungan lebih tinggi ketika mereka saling berpelukan. Merujuk dari temuan penelitian tersebut, maka penting bercengkerama usai bercinta. Ini dilakukan agar pasangan merasa lebih dekat dan juga membantu rasa aman serta santai.

kiat merawat keintiman usai bercinta dengan sexual aftercare
Ilustrasi kiat merawat keintiman usai bercinta dengan sexual aftercare (Freepik)

2. Berkomunikasi

Pada sejumlah kasus poscoital dysphoria (PCD), seseorang bisa merasa sedih atau mudah tersinggung setelah berhubungan seks. Berdasarkan penelitian, 41 persen pria yang mengikuti survey pernah mengalami PCD dan 3-4 persen orang mengalami PCD secara teratur. Penelitian tersebut merekomendasikan pasangan melakukan sexual aftercare dengan berkomunikasi. Dengan begitu setiap pasangan bisa mendiskusikan bagaimana perasaan masing-masing setelah berhubungan seks. Dengan berkomunikasi, pasangan bisa memperkuat ikatan dan saling memahami.

3. Mengobati apabila mengalami cedera

Banyak sekali preferensi gaya seks. Banyak pula gaya seks yang bagi pasangan dianggap baru dan berkemungkinan mengalami cedera tertentu. Untuk itu, setelah berhubungan seksual setiap pasangan perlu saling merawat baik apabila terjadi luka atau ada bagian tubuh yang nyeri hingga kram.

4. Mandi bersama

Menghabiskan waktu mencuci bersama, atau saling mencuci, bisa menjadi pengalaman yang intim. Seseorang mungkin bisa menikmat bertelanjang dengan pasangannya dalam situasi non seksual. Tetapi ada pula yang merasa tak nyaman. Untuk itu, aktivitas sexual aftercare juga perlu disepakati bersama pasangan.

kiat merawat keintiman usai bercinta dengan sexual aftercare
Ilustrasi kiat merawat keintiman usai bercinta dengan sexual aftercare (Freepik/senivpetro)

Kebersihan setelah berhubungan seks juga penting — mencuci penis setelah berhubungan seks dapat membantu mencegah infeksi. Kelompok advokasi Planned Parenthood menyarankan agar laki-laki yang tidak disunat harus membersihkan bagian bawah kulupnya setiap hari dan setelah berhubungan seks.

5. Bersantai

Setelah berhubungan seks, orang mungkin ingin menghabiskan waktu melakukan aktivitas non seksual dengan pasangannya. Ini mungkin bisa diisi dengan nonton televisi, ngemil makanan ringan, atau bermain game bersama. Penting diingat, menghabiskan waktu non seksual bersama dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat.

Itulah kelima kiat sexual aftercare yang bermanfaat meningkatkan keintiman, kepercayaan, merasa aman, dan komunikasi. Selain itu, melakukan aktivitas bersama setelah berhubungan seks dapat meyakinkan seseorang bahwa mereka bukan sekadar objek seksual. Penting bagi setiap orang dalam suatu hubungan untuk merasa dihargai dan dihormati.