<i>Ghost is Back!</i> Papa Emeritus IV Tampil Perdana di Televisi
Papa Emeritus IV (Instagram @thebandghost)

Bagikan:

JAKARTA - Papa Emeritus IV membuat penampilan publik pertamanya pada 22 Januari kemarin di televisi Swedia. Ia membawakan lagu Symphaty for the Devil-nya Rolling Stone bersama band rock Hellacopters.

Mexico City merasakan kehadiran pertama Papa Emeritus IV pada awal 2020, hanya beberapa hari sebelum pandemi COVID-19 mematikan planet ini. 

Selama pertunjukan terakhir dari siklus Ghost's Prequelle, Papa Nihil secara misterius 'dimatikan' di tengah-tengah solo saksofon Miasma dan penyanyi Cardinal Copia diubah menjadi Papa Emeritus IV di atas panggung.

Setelah hibernasi yang lama, kisah Ghost sekarang berlanjut dengan Papa Emeritus IV, yang mengenakan setelan ungu agung di acara TV Swedia På Spåret (On The Track) saat membawakan lagu klasik Rolling Stones. 

Gaya bernyanyi Papa Emeritus IV adalah bariton yang sangat tenang sebelum berubah menjadi buldoser rock 'n' roll yang energik saat lagu Sympathy for the Devil memasuki putaran kedua. 

Sementara itu terkait album baru Ghost, Papa Emeritus IV mengatakan direkam pada Januari ini dan dijadwalkan rampung pada bulan Maret. 

"Idenya adalah agar album direkam pada bulan Januari," kata Papa Emeritus IV alias Tobias Forge kepada Sweden Rock Magazine pada Oktober tahun lalu. "

"Rekaman (album baru) akan berlangsung sekitar enam pekan dan kemudian ada dua hingga tiga pekan untuk mixing dan mastering. Jadi, satu waktu di bulan Maret rekaman harus selesai, tetapi tidak akan dirilis sampai setelah musim panas," kata Forge.

Ia juga menegaskan, "Kami tidak akan merilis album sampai kami tahu bahwa kami akan menggelar tur. Rilis album akan bertepatan dengan dimulainya tur."

Toton penampilan debut Papa Emeritus IV di televisi dalam video di bawah.