Apa Itu Frugal Living? Simak Pengertian Beserta Tips Menjalankan Gaya Hidup Hemat
Menabung adalah hal yang amat dianjurkan di tengah ketidakpastian ekonomi. (Ilustrasi Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gaya hidup frugal living belakangan semakin populer, khususnya setelah adanya pandemi COVID-19. Di tengah ketidakpastian ekonomi, masyarakat semakin sadar bahwa menerapkan gaya hidup hemat lebih penting ketimbang menghambur-hamburkan uang untuk memenuhi gaya hidup. Lantas, apa itu frugal living?

Apa Itu Frugal Living?

Dikutip dari laman DJKN Kemenkeu, Rabu, 7 Juni 2023, frugal living adalah gaya hidup yang menekankan kesadaran alias mindfulness ketika mengeluarkan uang. Sebagian orang menyamakan gaya hidup ini dengan pelit. Padahal, sebenarnya konsep frugal living tidak sedangkal itu.

Seseorang yang menerapkan gaya hidup frugal living akan memilih memasak makanan sehat daripada membeli makanan di luar, tidak memusingkan fashion atau gadget yang terus menerus up to date.

Tips Menerapkan Frugal Living

Bagi Anda yang ingin mengadopsi frugal living, berikut langkah-langkah menerapkan gaya hidup hemat:

  1. Menentukan tujuan keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menerapkan frugal living adalah menetapkan tujuan keuangan yang masuk akal. Misalnya menghemat uang untuk mengumpulkan dana pernikahan, membeli rumah, tabungan pendidikan anak dan lain sebagainya.

Hal ini penting supaya Anda tidak tergoda untuk berfoya-foya dengan teman. Merumuskan financial goals yang jelas dan masuk akal akan membantu kita untuk dapat mencapainya, agar semua upaya yang dilakukan tidak sia-sia.

  1. menganalisis kebutuhan vs keinginan sebelum membelanjakan uang

Hasil analisis terhadap perilaku konsumen menunjukkan bahwa pengeluaran untuk memenuhi gaya hidup jauh lebih besar daripada pengeluaran membeli barang-barang yang benar dibutuhkan. Ini artinya, banyak orang yang mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak memberikan manfaat.

  1. Hindari penggunaan kartu kredit

Kartu kredit dapat menjerumuskan penggunanya dalam jeratan utang apabila tidak digunakan dengan bijak. Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Jangan membeli berbagai barang dengan mudah, hanya karena Anda masih memiliki limit yang cukup banyak di dalam kartu kredit.

  1. Manfaatkan diskon untuk beli barang pokok

Tips menerapkan gaya hidup hemat yang berikutnya adalah memanfaatkan diskon untuk membeli kebutuhan pokok, seperti tisu, sayur, sabun mandi, dan lain-lain.

Hati-hati, diskon bukanlah pembenaran untuk berbelanja secara impulsif. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa membuat daftar belanja.

  1. Fokus pada keuangan masa depan

Sebagian orang yang menerapkan gaya hidup frugal lebih mementingkan kondisi keuangan mereka 10-20 tahun dari sekarang dan mencapai kebebasan finansial pada saat itu.

Oleh sebab itu, jangan heran jika alokasi dana untuk investasi lebih besar ketimbang alokasi untuk kebutuhan.

Demikian informasi tentang apa itu frugal living Beserta tips menjalankannya. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.