Marthino Lio Ungkap Pelajaran Penting yang Didapat dari Pandemi
Marthino Lio (Instagram @marthinolio)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang lalu menyisakan kenangan kurang mengenakkan bagi banyak orang, tak terkecuali Marthino Lio yang mengaku kondisi finansialnya memburuk saat pandemi melanda.

Marthino Lio bersyukur jika ia dan keluarganya bisa keluar dari kondisi finansial yang sempat memburuk. Menertawakan kondisinya saat itu adalah cara bagi sang aktor untuk mensyukuri apa yang ada saat ini.

"Aku lebih fokus ke situasinya. Sekarang, waktunya yang tepat untuk menertawakan waktu kita susah di pandemi," ujar Marthino Lio di Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat, 26 Mei.

Menceritakan kondisinya saat pandemi, Marthino mengaku kehidupannya terasa sangat perih.

Mulai dari cicilan hingga pemasukan yang berkurang menjadi pengalaman pahit yang sempat dirasakannya.

"Gua lebih fokus ke menertawakan masa-masa pandemi. Karena kita semua sudah lewat, meskipun itu yang perih banget, bingung, kerja enggak bisa, pemasukan nggak ada, mau nggak mau segala cicilan, blablabla, tiap hari ditelepon sama orang dealer, atau apa. Itu kan stres full ya," tutur Marthino.

"Ini pengalaman pribadi," sambungnya.

Ketika ditanya bagaimana dirinya bisa bertahan di saat finansialnya memburuk itu, Marthino mengaku tidak tahu pasti, namun yang terpenting baginya adalah bisa kembali pulih.

"Bertahannya ya itu, gua juga sampai sekarang nggak tahu gimana caranya. Tapi ya bisa," katanya.

Kini, Marthino Lio mengatakan jika dirinya lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi finansialnya.

Ia menyadari, keluarga harus memiliki tabungan yang cukup untuk menghindarkan diri dari situasi sulit yang mungkin terjadi.

"Pusing banget, kusut, ya begitulah. Jadi sadar nabung itu penting ya," pungkas Marthino Lio.