Belajar dari Ashanty dan Catherine Wilson, Begini Tips agar Rumah Tidak Kemalingan
Ashanty, salah satu artis yang pernah mengalami kemalingan di rumahnya (Foto: Instagram @ashanty_ash)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa bulan terakhir, public figure tanah air seperti Ashanty, Catherine Wilson dan Roro Fitria sempat mengalami hal tak mengenakkan saat barang-barang di rumahnya hilang diambil pencuri.

Sialnya, pelaku yang mengambil barang-barang tersebut diduga merupakan orang dekat, seperti teman dan asisten rumah tangga (ART).

Roro Fitria yang kehilangan perhiasan senilai Rp300 juta bahkan telah melaporkan ART-nya ke Polda Metro Jaya.

Ia menyayangkan kelakuan ART-nya itu, karena barang-barang yang diambil punya cerita tersendiri untuknya.

Sementara itu, Ashanty menceritakan, pelaku pencurian adalah orang yang punya akses keluar-masuk rumah dengan leluasa.

Belajar dari kasus tersebut, Bagus Permadi, seorang arsitek sekaligus Direct Channel Sales Manager Yale Smart Shop Indonesia mengatakan jika menggunakan digital lock atau kunci digital pada pintu rumah sangat esensial untuk menjaga keamanan rumah dewasa ini.

“Dari pengalaman kami dalam mendesain atau merancang sebuah rumah, kita sebut namanya digital lock. Itu cukup berguna terkait dengan persepsi tentang keamanan dari rumah,” kata Bagus Permadi di Sentul City, Bogor pekan lalu.

“Jadi, memang kunci rumah, digital lock itu menjadi trend dan kebutuhan. Karena kecenderungan orang sekarang ingin sesuatu yang lebih simple dan terkontrol, terlebih bisa dipantau dari jauh,” sambungnya.

Bagus menyebut jika digital lock yang ditawarkan Yale Smart Shop bisa membuat pemilik rumah lebih mudah dalam mengontrol keamanan tempat tinggalnya.

Penggunaan teknologi terbaru itu juga bisa menghindarkan pemilik rumah dari hal-hal yang bisa merugikannya.

Adapun digital lock yang dimaksud bisa digunakan dengan berbagai macam akses, seperti akses fingerprint, PIN Code, kartu dan face scan.

Kunci digital itu juga bisa dikontrol menggunakan aplikasi Yale Home dari jarak jauh.

“khusus produk Yale sendiri ada berbagai macam fitur. Fitur dalam kunci digital sendiri ada akses PIN Code, finger, kartu dan face scan. Zaman sekarang, yang terbaru lagi pakai aplikasi Yale Home. Aplikasi itu memberikan keamanan dan kenyamanan,” kata Gatot selaku Product Expert.