Sebut Keaslian Video Syur Mudah Dibuktikan, Roy Suryo Tegaskan Bukan Terduga RK yang Merekam dan Menyebarkan
Rebecca Klopper (Instagram @rklopperr)

Bagikan:

JAKARTA - Pakar telematika Roy Suryo memberi pernyataan mengenai video syur yang diduga terdapat Rebecca Klopper. Pernyataan itu dibuat setelah banyaknya permintaan dan pertanyaan terkait kasus tersebut kepadanya.

“Saya terus terang justru simpati kepada saudari RK jika kasus ini dibiarkan mengambang, hanya viral sebagai isu tanpa ada penjelasan ilmiah yang bisa digunakan untuk penyelesaian hukumnya,” kata Roy Suryo.

Khawatir asumsi yang beredar menjadi gosip, Roy Suryo menganggap video itu bisa dibuktikan kejelasannya.

“Secara ilmiah seperti biasa saya selaku menggunajan tools yang sama seperti ketika menguji kasus-kasus sejenis di masa lalu,” katanya yang mengklaim pernah menguji kasus video syur sebelumnya.

“Dengan face comparison, uji matrix dan separasi gambar menggunakan sampel dari obyek yang diteliti, sehingga hasil yang didapat selalu dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan hukum,” kataya lagi.

Selain itu, Roy Suryo juga menjelaskan dari teknis video yang terlihat, sosok RK bukan sebagai pembuat atau perekam video. Ia berharap sang aktris jika nantinya ingin membawa ini ke bawa ranah hukum bisa mempercepat proses.

Roy Suryo juga mendapat pertanyaan mengenai siapa sosok pria dalam video tersebut. Ia mengatakan hal itu belum bisa dibuktikan dari video karena menurut pantauannya, informasinya tidak bisa ditemukan karena dalam video tidak begitu jelas. Akan tetapi identitasnya bisa ditemukan lewat metadata pembuatan video yang diduga dalam periode tiga tahun ke belakang.

“Terus terang secara teknis ilmiah memang tidak mudah bisa ditemukan dengan hanya berdasar barang yang terlihat sebagian dalam video,” katanya.

Sebuah video syur beredar di media sosial diduga melibatkan aktris Rebecca Klopper. Netizen yang menyaksikan video itu menyebut ada kesamaan baju serta tahi lalat dan tindik. Meski begitu, hingga saat ini Rebecca Klopper belum buka suara mengenai kabar ini.