Mengenal Apa Itu Kolostrum dan Manfaatnya Bagi Si Kecil, Bunda Sudah Tahu?
Ilustrasi apa itu kolostrum, manfaat dan berapa hari produksi kolostrum (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kolostrum adalah ASI pertama yang diproduksi oleh tubuh. Didalamnya banyak mengandung nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi bayi baru lahir.

Kolostrum sering disebut sebagai ‘emas cair’ karena warna susu kekuningan karena ASI belum matang. Beberapa hari kemudian, ASI yang dikeluarkan sang ibu telah matang, yang manfaatnya juga penyokong nutrisi bagi si kecil.

Kolostrum memiliki banyak manfaat luar biasa untuk bayi. Diantaranya memperkuat sistem kekebalan, melindungi dari penyakit kuning, dan membantu mereka buang air besar untuk pertama kalinya. Apabila Anda adalah orang tua baru, mungkin membutuhkan referensi mengenai produksi susu ASI pertama kali ini.

manfaat, fungsi, dan berapa hari produksi kolostrum
Ilustrasi manfaat, fungsi, dan berapa hari produksi kolostrum (Freepik)

Menurut konsultan laktasi dilansir Parents, Kamis, 25 Mei, Kara Thornton, IBCLC., kolostrum adalah makanan super pertama bayi. Ini adalah nutrisi pembangkit tenaga yang memberikan antibodi kuat untuk membangun sistem kekebalan yang kuat. Didalam kolostrum, terdapat komponen imunoglogulin, laktoferin, dan sifat anti oksidan serta anti inflamasi. Tambah ahli neonatologi dan direktur pemberian makanan, nutrisi, dan perkembangan bayi di Pediatrix Medical Group, Tampa, Florida, kolostrum tinggi protein dan rendah lemak. Namun produksinya lebih sedikit dari ASI.

"Kolostrum adalah makanan super pertama bayi. Ini adalah pusat nutrisi yang menghasilkan antibodi kuat untuk membangun sistem kekebalan yang kuat," jelas Ferry.

Tidak hanya berwarna kuning, kolostrum jug abisa berwarna bening, putih, atau jingga. Konsistensi kolostrum, seperti madu yang kental dan lengket.

Produksi kolostrum dimulai jauh lebih awal dari tanggal melahirkan. Tubuh ibu mulai membuat kolostrum sejak 12-18 minggu kehamilan, menurut American Pregnancy Association. Pada trimester ketiga, banyak calon ibu dapat menemukan sedikit dengan tangan atau melihat kolostrum bocor.

manfaat, fungsi, dan berapa hari produksi kolostrum
Ilustrasi manfaat, fungsi, dan berapa hari produksi kolostrum (Freepik/valuavitality)

Beberapa orang hamil mengeluarkan kolostrum mulai dari trimester kedua. Ini mungkin terlihat seperti zat kuning berkerak di payudara atau bagian dalam bra. Tapi jangan khawatir, jika kolostrum tidak bocor, itu juga normal. Meskipun diproduksi terus-menerus sejak pertengahan kehamilan dan selama beberapa hari pertama kelahiran, ia mulai beralih ke susu matang dalam beberapa hari setelah melahirkan. Secara umum, kolostrum bertahan selama 2-4 hari pertama setelah melahirkan.

Kolostrum memiliki banyak manfaat penting untuk bayi dan dirancang khusus untuk membawanya selama beberapa hari pertama kehidupannya. Mungkin manfaat terpentingnya adalah memberi dorongan pada sistem kekebalan bayi.

"Kolostrum kaya akan imunoglobulin dan protein anti infeksi lainnya. Bayi baru lahir memiliki sistem kekebalan yang sangat belum matang, jadi kolostrum membantu melindungi mereka saat tubuh mereka mulai mengembangkan sarana untuk melindungi dirinya sendiri " jelas Cindy Rubin, M.D., IBCLC, dokter anak dan spesialis pengobatan menyusui di In Touch Pediatrics and Lactation di Westchester, Illinois.

Manfaat signifikan lainnya dari kolostrum, diantaranya membuat mikrobioma usus bayi, membantu bayi mengeluarkan kotoran pertama, mengenyangkan, melindungi dari penyakit kuning, mencegah gula darah rendah, dan sumber nutrisi sehat serta seimbang.