5 Manfaat Minum Air Klorofil yang Sayang Dilewatkan
Ilustrasi air klorofil (Foto: Pixabay/NatureFriend)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Konsumsi air klorofil dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Klorofil atau zat hijau daun dikenal kaya akan vitamin, antioksidan dan sifat terapeutik. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas manfaat air klorofil untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Air Klorofil untuk Kesehatan

Disadur dari Healthline, berikut manfaat air klorofil untuk kesehatan tubuh:

  1. Detoksifikasi kanker

Menurut sebuah studi, air klorofil dapat mengurangi kejadian tumor hati sebesar 29-63 persen dan tumor perut sebesar 24-45 persen. Tak hanya itu, klorofil juga dapat menahan laju pertumbuhan sel kanker pancreas.

Meminum suplemen klorofil setiap hari secara signifikan mengurangi ukuran tumor yang telah ditransplantasikan dengan sel kanker pankreas manusia.

  1. Mengurangi peradangan

Air klorofil juga menunjukkan kemungkinan efek mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit. Chlorophyllin mungkin juga efektif untuk kondisi kulit lainnya, sebagaimana dibuktikan oleh hasil dua studi percontohan.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat air klorofil untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi suplemen atau air klorofil membran tanaman hijau, termasuk klorofil, sekali sehari dapat memberikan efek penurunan berat badan yang lebih besar ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut. Selain itu, air klorofil juga mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah

  1. Deodoran alami

klorofilin sudah digunakan sejak 1940-an untuk menetralkan bau tertentu. Suatu kondisi yang menyebabkan bau amis, menemukan bahwa klorofilin secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina.

Sekedar informasi tambahan, Trimetilamina merupakan zat yang terkenal dengan bau yang tidak sedap. Ini merupakan bahan kimia yang membuat ikan memiliki bau busuk. Saat proses metabolisme gagal, maka trimetilamina terakumulasi di dalam tubuh.

Bau dari zat trimetilamina terdeteksi dalam napas, keringat, dan urine. Akibatnya, napas, keringat dan urine dari pengidap akan berbau menyengat seperti bau ikan. Bau juga dapat memengaruhi cairan dari vagina.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Suplemen klorofil diduga dapat meningkatkan produksi dan kualitas sel darah. Menurut studi, klorofil dapat menurunkan kebutuhan transfuse darah pada penderita talesemia yang mengonsumsi rumput gandum dengan kandungan klorofil 70 persen.

Kendati demikian, manfaat klorofil yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Demikian informasi tentang manfaat air klorofil untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.