Bagikan:

JAKARTA - Pemanggang roti sering terabaikan saat tiba waktunya untuk membersihkan dapur. Apalagi jika pemanggang roti Anda disimpan di lemari. Tanpa pembersihan yang tepat, pemanggang Anda tidak hanya akan terlihat kotor, tetapi remah-remah dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan bau terbakar yang tidak menggugah selera dan pada akhirnya menghambat kinerja pemanggang roti Anda. 

Menyadur Taste of Home, Jumat, 28 April, inilah cara membersihkan pemanggang roti agar bebas kerak maupun remah-remahan roti.

Cara Membersihkan Bagian Dalam Pemanggang Roti

Sebagian besar produsen pemanggang roti merekomendasikan untuk mengosongkan baki remah setelah digunakan. Cabut pemanggang dan biarkan dingin sepenuhnya. Geser baki remah keluar. Kocok remah-remah ke dalam wadah sampah Anda. Untuk remah atau residu yang menempel, Anda dapat mencuci nampan remah di bak cuci dengan tangan. Gunakan air sabun hangat dan sikat atau spons pencuci piring yang lembut (jangan dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring).

Meskipun Anda tidak dapat membersihkan bagian dalam pemanggang roti, Anda dapat membuang remah-remah yang lepas dengan memegangnya terbalik di atas tempat sampah dan mengocoknya dengan baik. Lihat ke dalam untuk melihat apakah ada potongan makanan yang tersangkut di elemen pemanas. Ketuk pemanggang dengan lembut untuk mengeluarkan potongannya atau gunakan sikat gigi bekas untuk mengeluarkan potongannya dengan lembut.

Cara Membersihkan Bagian Luar Pemanggang Roti

Setelah menghilangkan semua remah dan kotoran yang Anda bisa, bersihkan bagian luar pemanggang untuk menghilangkan lemak dan sidik jari. Membersihkan bagian luar pemanggang cepat dan mudah. Cabut pemanggang dan biarkan dingin sepenuhnya. Kemudian cukup bersihkan pemanggang dengan kain lembut dan lembap, seperti kain mikrofiber yang bisa menghilangkan kuman. Jangan pernah menggunakan handuk kertas, pembersih abrasif, atau produk pembersih cair yang semuanya dapat merusak permukaan pemanggang roti Anda.