Bagikan:

YOGYAKARTA - Hari raya Idul Fitri jadi hari besar untuk pemeluk ummat Islam di seluruh dunia serta senantiasa ditunggu- tunggu. Gimana tidak, hari besar ini jadi hari dimana tiap keluarga, saudara, serta tetangga terkumpul bersama bersama saling memaafkan. Jadi hari yang begitu eksklusif, tetapi tampaknya terdapat sebagian hal yang dilarang pada perayaan hari raya Idul Fitri loh. Apa saja nih larangan di hari raya Idul Fitri?

Apalagi hal yang dilarang pada Perayaan hari raya Idul Fitri ini terdapat yang hukumnya haram apabila dicoba. Tentu saja, buat jadi muslim yang patuh, serta buat melengkapi ibadah di bulan Ramadan, kita wajib mengenali apa saja perihal yang dilarang itu serta lekas menjauhkannya. Meski nampak sepele dan telah jadi kebiasaan bisa jadi buat beberapa orang, namun tetap wajib dijauhi ya. 

Beberapa Larangan di Hari Raya Idul Fitri

Menunda Waktu Sholat

Umumnya pada hari raya Idul Fitri bakal banyak kegiatan kumpul keluarga. Kegiatan ini tidak jarang justru membuat sholat jadi tertunda. Tentu saja, walaupun tengah memperingati hari raya Idul Fitri bukan berarti menunda sholat kalian.

Kalian wajib tetap mendahulukan kebutuhan akhirat yakni melaksanakan kewajiban pada Allah SWT sang pencipta dari keperluan duniawi yang sementara. Janganlah hingga menunda- nunda sholat apalagi justru ketinggalan serta tidak melakukan sholat. Dalam suatu hadis Allah SWT berfirman: 

"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa: 103).

Puasa

Perihal yang dilarang pada perayaan Hari Raya Idul Fitri yang berikutnya ialah berpuasa. Walaupun baru menuntaskan puasa di bulan Ramadan, bukan berarti pada hari awal bulan Syawal kamu juga wajib berpuasa.

Peranan berpuasa sudah berakhir berbarengan dengan selesainya bulan Ramadan, kecuali untuk banyak orang yang mempunyai hutang puasa. Tetapi tetap saja berpuasa tidak diperbolehkan buat siapapun yang mau melaksanakannya di hari raya Idul Fitri. Hukum berpuasa di Hari Raya Idul Fitri merupakan haram, begitu pula di hari raya Idul Adha.

Walaupun puasa ialah salah satu ibadah serta ibadah yang bagus buat dilaksanakan, tetapi puasa tidak bisa dilakukan di hari- hari khusus termasuk hari raya Idul Fitri. Sudah selayaknya orang islam memperingati hari raya Idul Fitri dengan bergembira. Perkataan nabi Riwayat Abu Hurairah r. a disebutkan bahwa: 

"Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha."

Bersalaman dengan yang Bukan Muhrim

Hal yang dilarang pada perayaan hari raya Idul Fitri ialah dengan bersalaman dengan yang bukan muhrim. Bersinggungan dengan perempuan ataupun laki-laki yang bukan mahramnya nyata dilarang dalam Islam. 

Biarpun pada dikala hari raya sekali pun, semacam bersalaman antara pria serta wanita yang bukan mahram dilarang sebab haram ketetapannya.

Makan dengan Berlebihan

Dikala hari raya Idul Fitri, tiap keluarga tentu bakal membuat banyak sekali masakan. Semacam kue kering, minuman manis, masakan berat, camilan, kue basah, serta sedang banyak lagi. Tidak heran apabila kita bersilaturahmi ke rumah seseorang bakal disajikan banyak santapan lezat. Tetapi tampaknya makan melampaui batas masuk dalam salah satu perihal yang dilarang pada perayaan hari raya Idul Fitri.

Meski banyak orang yang tidak dapat menahan diri buat tidak menghabiskan makanan yang disajikan, tetapi perihal ini dilarang. Dalam kitab Adab Al- SyafiI wa Manaqibi Imam SyafiI mengatakan bahwa:

"kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah."

Dari statment Imam SyafiI di atas sudah nyata kalau makan dengan kelewatan itu tidak bagus serta merupakan satu keadaan yang dilarang dikala Hari Raya Idul Fitri. Banyak sekali akibat negatif yang dapat disebabkan oleh makan berlebihan lebih- lebih buat kesehatan badan. 

Berdandan Secara Berlebihan

Tidak cuma masalah berpakaian saja yang diamati, tampaknya berias dengan cara kelewatan pula masuk dalam perihal yang dilarang pada perayaan Hari Raya Idul Fitri. Perihal ini tercatat dalam firman Allah SWT yang berbunyi sebagai berikut:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf: 31)

Dalam firman Allah SWT di atas sudah jelaslah kalau berpakaian serta makan dengan kelewatan ialah salah satu keadaan yang dilarang saat Hari Raya Idul Fitri. Perihal itu karna cuma bakal mendatangkan kemudaratan serta tidak disenangi oleh Allah SWT. 

Jadi setelah mengetahui larangan di hari raya Idul Fitri, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!