Kevin Feige akan Tambahkan Superhero Transgender ke dalam MCU, Benarkah?
Kevin Feige (Twitter @Mar_Tesseract)

Bagikan:

JAKARTA - Di awal Januari 2020, internet ramai dengan berita bahwa Marvel akan menambahkan karakter transgender ke dalam MCU (Marvel Cinematic Universe) "segera".

Berbicara di acara New York Film Academy, presiden Marvel Studios Kevin Feige ditanya apakah ada rencana untuk membawa lebih banyak karakter LGBT + "ke dunia Marvel - khususnya karakter T, transgender?"

“Ya, tentu saja, ya,” jawabnya. “Dan segera - dalam film yang kami buat sekarang.”

Berita itu diambil oleh media dari BBC ke The Guardian, tapi ternyata jawaban Feige tidak akurat. Dia belum membahas “secara khusus elemen T” dari pertanyaan tersebut, dia hanya merujuk pada fakta bahwa film Eternals yang akan datang akan menampilkan karakter gay dalam bentuk Phastos, yang diperankan oleh Brian Tyree Henry.

Eternals akan dirilis pada November 2021, dengan Phastos sebagai superhero gay pertama di MCU. Dia juga akan menikah dan membina sebuah keluarga.

Berbeda dengan MCU yang masih belum mengungkap secara nyata terkait penambahan karakater transgender, rival mereka DC telah menambahkan karakter transgender Nia Nal - diperankan oleh aktris transgender Nicole Maines - ke seri keempat acara TV mereka Supergirl. Dia adalah pahlawan super transgender pertama di televisi.

Pada tahun 2018, sebelum casting Maines dan menambahkan karakter Nia Nal ke acara tersebut, pencipta Supergirl Greg Berlanti berbicara tentang kurangnya representasi transgender di DC Arrowverse, mengatakan: "Kami tidak memiliki karakter transgender yang aktif di seluruh acara [... ] Jadi saya masih merasa ketinggalan waktu setiap hari tentang masalah itu."

Tiga tahun kemudian, MCU masih menahan diri untuk megikuti jejak DC, meskipun fakta bahwa mereka memiliki superhero transgender siap pakai dalam bentuk Sera, satu-satunya karakter transgender saat ini dalam komik Marvel.