Tambah Genre Laga, FFWI 2023 Siap Digelar Kembali
Peluncuran FFWI XII (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023 siap digelar kembali. Ketua Panitia FFWI 2023, Wina Armada Sukardi memotong tumpeng dan berbuka puasa bersama di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta Selatan, 29 Maret sebagai tanda dimulainya FFWI 2023.

Tampak hadir di tengah acara Sonny Pujisasono, Ketua Yayasan PPHUI, Eddy Suwardi, Ketua Tim Pokja Alif Kemedikbudristek dan sejumlah staf, mewakili Ahmad Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik, dan Media, serta sejumlah wartawan yang menjadi Juri dalam FFWI 2023.

Dalam sambutannya Wina Armada Sukardi, S.H mengatakan, tema FFWI 2023 ini adalah Gemilang Indonesia, Perfilman Kuat, Kebudayaan Unggul.

“Kondisi perfilman Indonesia semakin membaik, jumlah produksi film dan kualitasnya kian meningkat, sekaligus bisa memperlihatkan ragam budaya Indonesia yang unggul, dan inilah yang insya Allah akan menjadikan Indonesia gemilang,” ungkap Wina mengungkap alasan pemilihan tema.

Menurut Wina, film yang akan masuk penilaian panitia dan Juri FFWI 2023 adalah film-film yang telah ditayangkan baik di bioskop maupun OTT antara tanggal 1 Oktober 2022-30 September 2023.

“Tahun ini, kami akan menilai empat genre film, yakni Drama, Komedi, Horor, dan Laga. Dalam dua tahun berturut-turut, genre Laga belum masuk dalam penilaian penjurian FFWI, karena jumlahnya yang belum memenuhi kuota. Kami menerapkan jumlah minimal lima judul film untuk dinilai juri,” kata Wina.

Proses penjurian akan berjalan dua tahap. Pada penjurian awal film akan dinilai oleh 21 wartawan terpilih, dan 5-7 juri akhir terdiri dari wartawan senior.

Para Juri bertugas menilai dan menentukan sembilan unsur, yaitu aktor dan artis utama, aktor dan artis pendukung, penulis skenario, penyunting/editor, DOP/penata kamera, sutradara, dan film terbaik.

Selain itu, panitia juga menyediakan piala khusus Best of The Best dan piala bagi tokoh atau pelaku perfilman yang memenuhi kriteria.

Kata Wina, panitia FFWI tahun ini memulai tradisi baru akan memberikan apresiasi dalam bentuk uang kepada seluruh pemenang FFWI. “Meski jumlahnya belum banyak. Namun, kami berupaya memberikan apresiasi yang terbaik kepada para pemenang tahun ini,” ungkap Wina.

Edi Suwardi dalam sambutannya mewakili Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik, dan Media, menyambut baik penyelenggaraan FFWI XIII tahun 2023 yang berkaitan erat dengan peringatan Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret 2023.

“Peluncuran FFWI XIII pada hari ini adalah salah satu bentuk perayaan atas pencapaian-pencapaian luar biasa insan perfilman Indonesia. Karena itulah kami mendukung sepenuhnya penyelenggaraan FFWI," kata Edi Suwardi.

Sementara itu Sonny Pujisasono, Ketua PPHUI, senada dengan Edi Suwardi mendukung kegiatan FFWI yang merupakan sinergi dalam rangka untuk membentuk ekosistem perfilman.

Menurut Sonny kegiatan FFWI sangat baik di tengah tumbuh kembangnya perfilman nasional. Namun, di saat jumlah produksi film berkembang dan terus meningkatnya jumlah penonton yang datang ke bioskop, Sonny secara pribadi justru mengaku prihatin.

“Karena sesungguhnya banyak film Indonesa yang masih belum bisa ditayangkan di bioskop. Ini tantangan dan membuat sekat, di tengah gairah pertumbuhan film di Indonesia. Dengan berjalannnya FFWI, mudah-mudahan bisa membuka sekat tersebut,” katanya.