Cerita Haru Pemeran Mang Odjo dalam Tukang Bubur Naik Haji Diberangkatkan Umroh Nani Wijaya
Salim Bungsu mengenang Nani Wijaya (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Haryo Sungkowo yang dikenal dengan nama Salim Bungsu, pemeran Mang Odjo dalam serial televisi Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) ikut hadir saat pemakaman Nani Wijaya di TPU Babakan Medang, Bogor pada Kamis, 16 Maret 2023.

Seusai pemakaman, Mang Odjo bercerita kepada awak media mengenai kisah menyentuh yang dilakukan mendiang Nani Wijaya kepadanya.

Saat serial Tukang Bubur Naik Haji masih menjalani proses syuting, Mang Odjo menceritakan ada momen dimana Mat Solar yang berperan sebagai Haji Sulam membiayai beberapa pemeran dan crew untuk pergi umrah ke tanah suci.

“Haji Sulam itu memberangkatkan crew TBNH (umrah), kurang lebih 15 orang. Sedangkan saya tiap hari satu frame dengan Haji Sulam, tidak terpikir oleh dia bahwa saya akan diajak,” ungkap Mang Odjo.

“Berikutnya, saya pulang dari masjid, Emak Nani Wijaya negor, 'Jo, diumrohin gak sama Sulam?', 'enggak mak'. 'Kalau Emak yang umrahin mau gak?', 'mau mak',” lanjutnya.

Mengetahui betapa perhatiannya Nanai Wijaya kepadanya, Mang Odjo mengatakan dirinya sangat bersyukur dan berterimakasih dengan seniornya itu.

“Ternyata Emak Nani Eijaya yang memberangkatkan saya umrah. Langsung itu hari, detik itu juga, saya sujud di kaki Emak Nani dan berterimakasih sama Emak,” tutur Mang Odjo seraya menangis.

Setelah ditawari Nani Wijaya untuk diberangkatkan umrah, Mang Odjo mengatakan dirinya sempat ditemui kembali oleh Mat Solar. Bukan sakit hati, Mang Odjo merasa apa yang terjadi memang sudah ditentukan oleh Sang Pencipta.

“Kemudian Haji Sulam tahu, dia minta maaf sama saya, 'kenapa ya Jo, tiap hari gua ketemu sama lu, tapi lupa gua berangkatin lu'. 'Lu salah lam, Allah maha kuasa, Allah menutupkan pikiran dan mata lu', sedangkan Emak Nani dibukakan,” ujarnya.

Apa yang telah diperbuat Nani Wijaya, selalu dikenang oleh Mang Odjo. Namun, ia menyesal karena tidak sempat menjenguk seniornya itu sebelum menghembuskan nafas terakhir.

“Itu yang membuat saya sangat terkenang sama emak nani sampai sekarang. Yang lebih kecewa lagi, saya tidak bisa hadir saat dia dirawat di RSUP Fatmawati. Bukan saya gak mau datang, karena memang waktunya tidak memungkinkan buat saya datang, karena saya harus syuting,” pungkasnya.