Ibnu Jamil Ingin Bisa Berlari Hingga Usia 80 Tahun
Ibnu Jamil (Ivan Two/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ibnu Jamil dikenal sebagai artis penyuka olahraga. Tidak hanya sebagai presenter olahraga, suami dari Ririn Ekawati itu juga kerap terlibat dalam banyak event olahraga. Ia juga punya aktivitas olahraga rutin dengan teman-temannya sesama artis.

Beberapa olahraga yang biasa dilakukan Ibnu Jamil adalah sepak bola dan lari. Baginya, dua olahraga itu punya perbedaan yang mendasar, dimana sepak bola harus bergantung dengan banyak hal, sementara olahraga lari kebalikannya.

“Kalau olahraga kayak sepak bola kan punya ketergantungan sama banyak hal, kayak tergantung lapangan, tergantung teman atau tergantung patungan,” ujar Ibnu Jamil saat ditemui di Senayan Park, Jakarta Pusat pada Rabu, 15 Maret 2023.

“Lu kalau mau main bola kan patungan dulu, karena bayar lapangan sekarang kan mahal banget. Kalau lari itu cuma butuh waktu dan sepatu lari, abis itu udah,” sambungnya.

Bagi Ibnu Jamil, olahraga lari merupakan olahraga yang paling sederhana. Oleh karena itu, ia sangat menyukai olahraga lari. Saking sukanya dengan berlari, artis 40 tahun itu berharap bisa terus berolahraga lari hingga masa tuanya.

“Jadi buat gua olahraga lari tetap jadi olahraga paling simple, yang mudah dilakukan dan tetap bisa bikin sehat. Dan yang terpenting, gua pengin bisa lari sampai usia tua nanti, sampai 70 atau 80 tahun,” katanya.

Apa yang dikatakannya bukan tanpa alasan, kata Ibnu, olahraga lari di Jepang justru lebih banyak diminati oleh orang-orang yang sudah berumur 40 tahun ke atas.

“Karena pas di luar sana, pas gua ikut lari di Tokyo, ternyata presentase olahraga lari yang diikutin usia 40 tahun ke atas itu lebih besar dibandingkan yang masih muda,” tuturnya.

Seiring berjalannya waktu, Ibnu juga merasa senang dengan perkembangan dari olahraga lari di Infonesia. Saat ini, ia melihat olahraga lari semakin disukai banyak orang. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, kini olahraga lari sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang.

“Seiring berjalannya waktu, olahraga lari itu mulai banyak pernak-perniknya, kayak pakaiannya, gear-nya atau sepatunya. Jadi udah semakin bergaya dan semakin stylish, jadi gua yakin peminatnya semakin banyak,” katanya.

Namun, kembali lagi kepada diri masing-masing, meski banyak pernak-pernik olahraga lari yanh cukup mahal, Ibnu menilai olahraga tersebut bisa dilakukan dengan biaya yang sangat minim.

“Meskipun kategorinya sekarang banyak orang bilang olahraga lari itu mahal karena udah jadi gaya hidup. Tapi balik lagi, lu bisa buat olahraga lari itu jadi murah, ya tergantu lu sendiri, lu lari buat kebutuhan atau keinginan, kan beda,” pungkasnya.

SEbagai informasi, Ibnu Jamil bersama Soraya Larasati akan terlibat dalam event olahraga lari yang diinisiasi Lazada. Pada tanggal 11 Juni 2023 mendatang, Ibnu dan Soraya mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut dalam event Lazada Run.

Akan diselenggarakan di sekitar ICE BSD, Tangerang, Lazada Run akan dibagi dalam empat kategori, yaitu 5k, 10k, 21k dan Kids Dash.

Rangkaian Lazada Run dimulai dari Vietnam di bulan April 2023 dan akan bergulir ke Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, hingga puncaknya akan diadakan di Singapura di bulan Juli mendatang.