Musisi Ini Bikin Mobil Listrik Super Ringan di Dunia
Attucks Apex AP0. (InsideEVs)

Bagikan:

JAKARTA -  Attucks, pabrikan mobil yang dimiliki oleh musisi Wyclef Jean, memperkenalkan mobil listrik mewahnya bernama Attucks Apex AP0. Fakta menarik dari mobilnya adalah bobotnya yang seberat 1.200 kg, diklaim sebagai mobil supercar teringan yang pernah dibuat.

Wyclef Jean mengatakan bahwa bobot Apex AP0 bisa begitu ringan dikarenakan pabrikan menggunakan sasis karbon monocoque dengan space frame modular. Karena bobotnya yang ringan, mobil super tersebut dapat melaju dari 0-90 km/jam dalam waktu 2,3 detik. 

Nah, jika bobotnya hanya 1,2 ton, ini lebih ringan dari mobil pesaing, Rimac Nevera misalnya dengan berat 2,3 ton.

Dilansir dari Autoblog, Selasa, 7 Maret, Apex AP0 dibekali motor listrik yang dapat menghasilkan daya sebesar 650 dk dan torsi 580 Nm yang dapat melaju dengan kecepatan maksimal hingga 305 km/jam.

Untuk harga yang ditawarkan, Attucks membanderol mobil elektrik super tersebut di kisaran 320.000 dollar AS atau Rp4,9 miliar, untuk harga resminya akan dirilis tahun depan. Harga yang tergolong murah untuk mobil super.

Dengan dibuatnya Apex AP0, ini juga sejalan dengan visi Wyclef Jean yang ingin mewujudkan impian semua orang punya mobil listrik super. "Masa depan dan teknologi Attucks adalah memberikan impian setiap orang," ungkap pengusaha dan penyanyi hiphop kelahiran Haiti ini.

Peluncuran Apex AP0 ini bekerja sama dengan Attucks Futures and Technology, sebuah perusahaan yang juga dijalankan Wyclef Jean untuk mempromosikan komunitas berkembang.