Rayakan Hari Perempuan International, Ayu Dewi: Wanita harus Bisa Lakukan Banyak Hal
Ayu Dewi (Instagram @mrsayudewi)

Bagikan:

JAKARTA -Tanggal 8 Maret diperingati oleh seluruh kaum hawa sebagai International Women’s Day. Salah satu selebriti tanah air, Ayu Dewi turut menyampaikan harapannya bagi banyak kaum wanita yang turut merayakan hari spesial tersebut.

Dengan perayaan hari wanita sedunia kali ini, Istri dari Regi Datau itu berharap seluruh wanita bisa bebas untuk mengekspresikan dirinya. Terlepas dari perbedaan gender, Ayu merasa sudah waktunya bagi wanita untuk berhak dan berani memperjuangkan apa yang menjadi mimpi dan cita-citanya.

“Harapan aku buat seluruh wanita, semoga seluruh wanita di belahan bumi ini bisa selalu terlindungi dan melindungi dirinya sendiri maupun yang tersayang maupun yang diinginkan. Karena mimpi gak hanya boleh dimimpiin aja, tapi punya kesempatan untuk mewujudkan biar jadi kenyataan,” kata Ayu Dewi kepada awak media di Cinere, Depok pada Rabu, 8 Maret 2023.

Ayu ingin melihat wanita bisa mewujudkan seluruh mimpi-mimpinya tanpa bertabrakan dengan kodratnya sebagai seorang wanita. Ia merasa seluruh wanita harus paham dengan kodratnya masing-masing.

Dengan memahami kodratnya sebagai wanita, justru akan banyak hal-hal baik yang datang dengan mudah. Ayu mencontohkan dimana seorang wanita bisa menjadi kebanggan bagi keluarganya, terutama sebagai seorang anak dan ibu.

Lewat pengalamannya sebagai seorang istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya, Ayu juga membagikan pengalamannya bahwa wanita juga harus berani mendobrak stigma-stigma yang melekat sejauh ini. Ia melihat banyak hal yang tadinya identik dengan pekerjaan laki-laki, saat ini sudah bisa dilakukan oleh wanita

“Jadi seorang wanita itu jangan sampai terkukung atau terkekang dengan stigma yang wanita itu cuma bisa a, b dan c, tapi wanita bisa mendobrak itu semua dan menunjukkan kalau wanita bisa lakukan banyak hal. Jadi gak hanya laki-laki aja yang bisa,” tutur Ayu Dewi.

“Misalnya kayak ganti lampu, angkat galon, peranan-peranan yang hanya bisa dikerjakan seorang ayah, jadi tukang listrik juga harus ngerti. Jadi supir juga harus bisa, jadi banyak hal wanita harus bisa,” pungkasnya.