Self Reflection Adalah: Berikut Definisinya
Self Reflection Adalah (Laurenz Kleinheider - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mau tahu kenapa Anda menjalankan hal-hal yang Anda lakukan? Saat kita memakai refleksi diri, kita menerima pemahaman yang lebih bagus perihal diri kita sendiri, semangat kita, dan perilaku kita. Jadi, mari belajar merefleksi diri. Lalu, self reflection adalah….

Begitu banyak kebiasaan, pola perilaku, dan pemrograman yang telah ditetapkan sebelumnya terkubur di alam bawah sadar kita. Mereka beroperasi di semacam "ruang kendali", mengarahkan cara kita berpikir, merasakan, dan bertindak, sering kali merugikan kesejahteraan kita (ikuti kuis kesejahteraan ini untuk melihat bagaimana keadaan Anda). 

Jika kita ingin memegang kendali, kita perlu melihat melampaui pikiran sadar, dan mengubah beberapa program yang tidak lagi kita manfaatkan. 

Salah satu cara untuk mengakses ketidaksadaran adalah melalui refleksi diri yaitu, menempatkan cermin pada diri kita sendiri dan menganalisis apa yang kita lihat atau rasakan seobyektif mungkin sehingga kita dapat lebih memahami diri kita sendiri dan bagaimana berpikir, merasakan, dan berperilaku. Tetapi bagaimana kita terlibat dalam jenis refleksi diri yang mendalam ini?

Self Reflection Adalah

Ilustrasi Refleksi Diri (Serrah Galos - Unsplash)
Ilustrasi Refleksi Diri (Serrah Galos - Unsplash)

 

Refleksi diri didefinisikan sebagai proses mental yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan pemahaman Anda tentang siapa diri Anda, apa nilai-nilai Anda, dan mengapa Anda berpikir, merasakan, dan bertindak seperti yang Anda lakukan. 

Ketika Anda merefleksikan diri dan menjadi lebih sadar akan apa yang mendorong Anda, Anda dapat lebih mudah melakukan perubahan yang membantu Anda mengembangkan diri atau meningkatkan kehidupan Anda dengan lebih mudah.

Mengapa Refleksi Diri Penting?

Itu bisa memberi Anda perspektif

Refleksi diri memungkinkan Anda mengambil langkah mundur, terlibat dalam introspeksi, dan mendapatkan perspektif tentang apa yang benar-benar penting bagi Anda. Hasilnya, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang mengejar tujuan dalam hidup Anda yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.

Ini dapat membantu Anda merespons dengan lebih efektif

Ketika kita lebih memahami siapa kita dan mengapa kita melakukan hal-hal yang kita lakukan, kita dapat lebih mudah melakukan perubahan yang memungkinkan kita menanggapi keadaan dengan cara yang lebih efektif. Mudah-mudahan, ini bisa mencegah kita mengatakan dan melakukan hal-hal yang kita sesali.

Ini membantu kita lebih memahami diri kita sendiri dan mungkin orang lain

Refleksi diri dapat membantu Anda mengenal siapa diri Anda sebenarnya. Hasilnya, Anda dapat menemukan diri Anda sendiri, mengejar tujuan Anda dengan lebih mudah, dan menjadi lebih autentik.

Persiapan untuk Refleksi Diri

Kami sangat sibuk, terganggu (dan kecanduan ponsel kami), dan oleh karena itu, tampaknya lebih sulit dengan refleksi diri. Itu karena refleksi diri membutuhkan pikiran yang cukup tenang. Beberapa refleksi diri dimulai dengan meditasi singkat, mungkin beberapa tarikan napas dalam, atau tarikan napas dalam untuk menenangkan pikiran mereka. Mungkin Anda lebih suka mengendurkan pikiran dengan aktivitas imajinasi atau melatih sedikit kewaspadaan (termasuk refleksi diri sebelum benar-benar menyelami.

Tentu saja, menembus ketidaksadaran bisa jadi ilusif. Terkadang refleksi diri bisa menjadi tantangan, jadi tenangkan diri Anda, jika itu membantu, dan ajukan pertanyaan pada diri sendiri untuk membuat pikiran Anda memikirkan jawaban. Jika jawaban tidak datang, berikan waktu, dan kembali ke pemikiran atau pertanyaan apa pun nanti ketika Anda merasa terbuka untuk belajar lebih banyak tentang diri Anda. Biarkan pikiran sibuk melayang dan fokus pada tujuan Anda untuk mengenal diri sendiri lebih baik.

Identifikasi "Apa" dari Refleksi Diri

Begitu Anda merasa tenang dan hening, arahkan fokus Anda ke dalam. Pilih masalah tertentu yang ingin Anda ubah. Tarik ingatan akan kejadian penting.

Bertanya pada diri sendiri:

Kesan apa yang muncul sewaktu Anda berfokus pada masalah ini?

Apa yang membuat Anda merasa?

Apa yang membuatmu berpikir?

Identifikasi "Mengapa" dari Refleksi Diri

Dengan pikiran Anda tenang, cobalah untuk melihat lebih dalam. Bertujuan untuk pergi ke aspek yang paling penting dari masalah ini. Apa yang Anda rasakan, pikirkan, atau lakukan? Sekarang, gali lebih dalam, dan tanyakan pada diri Anda: Mengapa Anda berpikir, merasakan, atau melakukan hal-hal ini?

Pencarian dan penemuan batin semacam ini dengan refleksi diri dapat mengungkapkan beberapa hal menakutkan, jadi lakukan dengan kecepatan Anda sendiri dan ingatlah untuk bersikap baik kepada diri sendiri saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang ada di baliknya.

Melanjutkan Dengan Refleksi Diri

Pastikan untuk bersikap lembut terhadap diri sendiri saat Anda melakukan refleksi diri. Tujuannya bukan untuk menilai pilihan masa lalu Anda, tetapi untuk merenungkannya, belajar darinya, dan membuat perubahan apa pun yang menurut Anda sesuai untuk Anda di sini dan saat ini. Saat Anda membangun kebiasaan baru melalui refleksi diri, Anda bisa menjadi lebih seimbang, sehat, dan bahagia.

Jadi setelah mengetahui self reflection adalah, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!