Mau Liburan ke Australia, Cobalah Akomodasi Alternatif Ramah Lingkungan Ini
Kolase akomodasi liburan alternatif di Australia. (Sumber: blackbirdbyron.com, capellalodge.com.au, alkinalodge.com.au, bamurruplains.com)

Bagikan:

JAKARTA - Bosan dengan destinasi liburan di Australia, enggak ada salahnya Anda mencoba berlibur di sejumlah akomodasi alternatif ini. Selain tempatnya keren, Instagramable, tempat-tempat liburan ini juga ramah lingkungan. 

Dihimpun australia.com, enggak cuma hemat energi dan meminimalisir limbah yang dihasilkan, sejumlah akomodasi di bawah ini juga merawat tanah, mendorong hasil bumi dan kerajinan lokal dengan menggandeng masyarakat setempat. Berikut rangkumannya.

Blackbird Byron

Enggak cuma eksklusif dan elegan, penginapan yang satu ini juga ramah lingkungan. Hanya ada tiga paviliun di akomodasi yang terletak di perbukitan rimbun pedalaman Byron Bay, New South Wales. 

Setiap paviliun dilengkapi dengan panel tenaga surya. Ada ruang terbuka bersama untuk berinteraksi hingga makan yang sebagian besar terbuat dari bahan daur ulang. Ada juga kolam renang air garam magnesium yang bebas klorin. 

Blackbird Byron
Kolam renang di Blackbird Byron. (blackbirdbyron.com)

Untuk aktivitas luar ruang, Anda bisa menikmati alam bebas dan menjelajahi hutan hujan atau air terjun. Bisa juga ke Byron Bay untuk menyusuri kota atau sekadar bersantai di pantai.

Capella Lodge

Capella Lodge terletak di wilayah Lord Howe Island, lepas pantai New South Wales yang bisa dicapai dengan dua jam penerbangan dari Sydney. Lingkungannya yang asri dan asli, membuatnya terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO.

Berada di atas pantai di kaki Gunung Gower. Jangan tanya soal akomodasi di sini, dijamin memuaskan. Untuk bersantap, Anda bisa menikmati hidangan mewah tenggiri raja tau tuna segar yang baru ditangkap oleh nelayan dan langsung dikirim ke penginapan. Jaringan listrik di sini menggunakan sistem tenaga surya.  

Capella Lodge
Kolam renang di Capella Lodge. (capellalodge.com.au)

Jika ingin aktivitas luar ruangan, Anda bisa mencoba kegiatan konservasi internasional melalui program Lord Howe Island Conservation Volunteers. Atau, mempelajari ekologi pulau dan kawanan burung migrasi bersama ahli lingkungan hidup Ian Hutton.

Alkina Lodge

Terletak di puncak bukti antara 12 Apostles dan Cape Otway di Great Ocean Road, Victoria. Anda bisa mencapai penginapan ini dengan berkendara 2 jam dari Melbourne. 

Alkina Lodge
Akomodasi Alkina Lodge. (alkinalodge.com.au)

Tiga akomodasi penginapan di sini dirancang oleh arsitek terkenal Australia Glenn Murcutt dan Wendy Lewin menghadap ke Southern Ocean. Atapnya didesain unik, melindungi sinar matahari saat musim panas, memberi cahaya alami termasuk untuk melihat bintang saat malam hari, lengkap dengan pemanas hidronik bertenaga gas yang sangat bermanfaat saat musim dingin. 

Bamurru Plains

Berdiri di atas kawasan seluas 30 ribu hektar yang terdiri dari hutan belantara, lahan basah di tepi Kakadu National Park yang terdaftar sebagai warisan dunia. Akomodasi ini bisa dicapai dari Darwin dengan berkendara selama tiga jam.

Bamurru Plains
Akomodasi di Bamurru Plains. (www.bamurruplains.com)

Menginap di sini kental dengan nuansa alam. Penginapannya berupa 10 tenda yang ditinggikan dengan dinding jala di ketiga sisi, dinaungi pepohonan yang rindang dengan dukung listrik yang berasal dari 240 panel surya.

Mau aktivitas luar ruangan, Anda bisa menyusuri kawasannya yang luas dan kaya akan margasatwa, atau menjajal menyusuri sungai dengan airboat untuk melihat kehidupan kerbau air dan buaya dari dekat. Atau, sekadar menikmati keindahan ratusan spesies burung di kawasan ini.