Kombinasikan Genre Dark Comedy Thriller, Katarsis Suguhkan Permainan Psikologis
Cast dan tim produkai series Katarsis (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Series Katarsis produksi oleh Screenplay Films akan tayang di Vidio. Series ini menyuguhkan genre dark comedy thriller yang masih jarang ditemui dalam karya-karya dalam negeri.

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Anastasia Aemilia, sutradara Randolph Zaini menjelaskan arti dari kata “katarsis” itu sendiri. “Di masa lalu, 'katarsis' dalam bidang medis itu semacam penyucian dari diri kita, seperti perempuan datang bulan atau kita menumpahkan racun,” katanya saat konfrensi pers di Plaza Senayan, Jakarta Selatan pada Senin, 13 Februari 2023.

“Satu bentuk katarsis, waktu jaman Aristoteles diaplikasikan ke dalam drama atau seni peran, dimana kalau kita nonton tragedi kita ikut nangis, tapi kita ada kepuasannya sendiri,” sambungnya.

Sementara itu, dalam bidang psikologi, Randolph menjelaskan bahwa katarsis adalah proses pasien yang memiliki trauma di masa lalu. Pasien tersebut dibawa untuk menyelami traumanya agar bisa bebas dari trauma yang menghantuinya itu.

Dengan genre dark comedy thriller, series ini juga diharapkan dapat memberikan warna baru bagi para penonton Indonesia. Pasalnya, genre tersebut masih jarang ditemui di Indonesia.

Pevita Pearce sebagai pemeran utama mengatakan senang bisa bermain dalam Katarsis. Terlebih, ia memainkan karakter Tara yang jadi pusat dalam permainan psikologis dalam series ini.

“Dari awal baca novel, kemudian dibuat jadi skrip series, semua akan jatuh cinta sama Tara. Dan untuk genrenya aku suka sekali. Jarang menemukan konsep seperti ini,” ucap Pevita.

Prisia Nasution yang berperan sebagai seorang detektif bernama Jenny juga senang dengan keterlibatannya dalam Katarsis. Sebagai seorang aktris, ia ingin mendukung munculnya genre-genre baru di Indonesia.

“Genre ini masih sangat sedikit di Indonesia. Jadi, saya sangat support semua jenis genre baru yang dikenalin ke Indonesia supaya tontonannya semakin beragam. Dan ketika saya diajak untuk terlibat, saya sangat senang,” kata Prisia.

Katarsis mengisahkan Tara, seorang wanita muda yang menjadi satu-satunya saksi dalam aksi pembantaian sadis kedua orang tua angkatnya. Ia mencoba keluar dari rasa trauma dengan bantuan seorang psikolog, yang perlahan justru melihat ada rahasia besar yang disembunyikan dalam diri Tara.

Selain Pevita dan Prisia, series yang mulai tayang 16 Februari ini juga dibintangi oleh Slamet Rahardjo, Bront Palarae, Sigi Wimala, Teuku Rifnu Wikana, Ratu Felisha, Shareefa Daanish, dan Kiki Narendra.