Chanyeol EXO Bicara Soal Wamil dan Pembuatan Album
Chanyeol EXO sekaligus subunit EXO-SC dalam konferensi pers menjelang acara "EXO-SC BACK TO BACK FANCON” di Beach City International Stadium, Jakarta (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Park Chan-yeol atau dikenal sebagai Chanyeol, anggota grup idola K-pop EXO sekaligus subunit EXO-SC, mengaku merasa lebih dewasa usai menjalani wajib militer beberapa waktu lalu.

"Aku merasa lebih dewasa dan tenang," kata Chanyeol saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu, dikutip Antara.

Chanyeol menyelesaikan layanan militernya pada 28 September 2022 sebagai tentara aktif sejak Maret 2021. Dia mengaku semuanya terasa tak nyata.

Chanyeol menjadi personel kelima EXO yang berhasil menyelesaikan wajib militernya setelah Suho, Xiumin, Chen dan D.O.

Hampir empat bulan berselang, Chanyeol bersama rekannya di EXO dan EXO-SC Sehun menyapa EXO-L, sebutan untuk penggemar EXO, di Indonesia melalui gelaran acara "EXO-SC BACK TO BACK FANCON” di Beach City International Stadium, Jakarta.

Dia mengaku bersemangat karena sudah lama tidak menginjakkan kaki di Indonesia sejak menyelesaikan wajib militer. Chanyeol, Sehun bersama rekan-rekan mereka di EXO mengunjungi Indonesia dalam gelaran konser bertajuk "EXO PLANET #5 - EXplOration" di Tangerang pada November 2019.

Saat itu, tiga personel grup yakni D.O., Xiumin dan Lay absen dari konser.

"Aku di sini sekarang dengan Sehun, tampil untuk kalian juga dan aku sangat bersemangat serta deg-degan," tutur salah satu pelantun lagu "History" itu.

Ketika ditanya makna EXO-L baginya, Chanyeol mengatakan awalnya seperti teman, namun, sekarang berubah menjadi seperti keluarga.

"Kami sudah debut selama 11 tahun. Dulu aku merasa EXO-L seperti teman, tapi, sekarang lebih seperti keluarga," kata dia.

Dia kemudian ditanyai mengenai pengalamannya berpartisipasi dalam pembuatan album EXO-SC, yakni "1 Billion Views" bersama Sehun. Dalam album berisi sembilan lagu itu, baik Chanyeol maupun Sehun terlibat dalam penulisan lirik seluruh lagu dan menciptakan tiga lagu di antaranya.

"Aku pikir banyak bersenang-senang dan belajar banyak hal berbeda, seperti memproduksi dan mengarahkan (lagu). Bekerja dengan Sehun, aku juga memulai mempelajari mengenai lagu," kata dia.

Selain mereka, personel Dynamic Duo yakni Gaeko juga berpartisipasi dalam produksi album. Sehun mengatakan Gaeko termasuk salah seorang rapper dan produser terbaik di Korea Selatan.

Album "1 Billion Views" yang dirilis pada Juli 2020 sempat menduduki peringkat satu di iTunes untuk Top Album Chart di 51 wilayah seluruh dunia dengan penjualan album melebihi 500.000 unit. Capaian ini menjadikan EXO-SC sebagai half-million seller yang membuktikan popularitas global mereka.