Untuk Lebih Bahagia, Contek 3 Cara Menikmati Waktu ala Jutawan
Ilustrasi cara menikmati waktu ala jutawan (Freepik/tonodiaz)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Milyuner atau jutawan bahagia bukan karena kelimpahan harta tetapi bagaimana mereka memiliki otonomi untuk menikmati waktu. Otonomi ini juga tidak berkaitan dengan seberapa banyak saldo rekening, tetapi bagaimana mereka bersikap.

Jutawan atau pesohor memiliki kebiasaan unik dalam menghabiskan waktu. Seperti dilansir Psychology Today, Minggu, 22 Januari, seorang CEO bangun pukul empat pagi untuk ke gym sebelum mulai kerja. Atau kisah Barack Obama yang mengenakan setelan baju sama setiap hari untuk menghemat kekuatan otak dan memikirkan hal lebih penting. Lantas bagaimana cara menikmati waktu ala milyarder? Ini bisa Anda contek.

1. Menghabiskan banyak waktu untuk berolahraga dan menjadi sukarelawan

Waktu senggang yang aktif diisi dengan dua kebiasaan penting oleh jutawan. Pertama, mereka tetap menjaga tubuhnya aktif dengan rutin berolahraga. Selain itu, mereka bersosialisasi, berdoa, meditasi, menggiati hobi, dan menjadi sukarelawan.

cara menikmati waktu ala jutawan untuk lebih bahagia
Ilustrasi cara menikmati waktu ala jutawan (Freepik/master1305)

Tubuh yang aktif, menjaga pikiran dan tubuh dalam kondisi prima. Sebuah studi yang melacak ratusan jutawan dan non jutawan, para jutawan menghabiskan 19 menit lebih banyak untuk berolahraga. Mereka juga menghabiskan 8 menit lebih banyak setiap hari untuk menjadi sukarelawan.

Karena berolahraga dan membantu orang lain dikenal sebagai sumber untuk meningkatkan kebahagiaan, maka meningkatkan waktu yang dihabiskan untuk rekreasi aktif adalah pilar kebahagiaan para jutawan yang bisa Anda praktikkan.

2. Punya sedikit waktu untuk bersantai dan menonton TV

Di sisi lain, jutawan menghiaskan lebih sedikit waktu mereka untuk waktu senggang yang pasif, termasuk menonton TV, tidur siang/istirahat, bersantai, dan tidak melakukan apapun. Jutawan menghabiskan 16 menit lebih sedikit waktu menonton TV per hari daripada populasi umum dan 16 menit lebih sedikit waktu untuk bersantai atau tidak melakukan apa-apa. Waktu luang yang pasif adalah prediktor kebahagiaan yang negatif. Alih-alih bersantai dan rebahan, lebih baik Anda berjalan-jalan dan menghabiskan waktu dengan kegiatan aktif.

cara menikmati waktu ala jutawan untuk lebih bahagia
Ilustrasi cara menikmati waktu ala jutawan (Freepik)

3. Menghabiskan waktu kerja secara efektif

Ketiga, banyak jutawan dan populasi umum tidak didasarkan pada waktu luang yang dimiliki. Melainkan pada bagaimana waktu mereka dihabiskan di tempat kerja. Paling mengejutkan, jam kerja para jutawan dan populasi umum tidak ada. Perbedaan antara kelompok-kelompok tersebut adalah seberapa besar otonomi, atau kendali, yang dimiliki kelompok-kelompok ini saat bekerja. Jutawan mampu menyusun tujuan, metode, dan jam kerja mereka lebih luas daripada populasi umum. Memiliki kendali atas tujuan, tugas, dan jadwal membuat pekerjaan lebih menyenangkan.

Itulah ketiga cara jutawan menikmati waktunya untuk lebih bahagia. Anda bisa contek trik ini untuk menikmati waktu dan bahagia.