Sosok Lin Qi, Produser Besar yang Meninggal karena Diracuni Rekan Kerja
Lin Qi (Twitter @io9)

Bagikan:

JAKARTA - Produser serial terbaru Netflix, Three-Body Problem, Lin Qi meninggal dunia pada 25 Desember karena diracun rekan kerjanya di Yoozoo Games.

Kepergian Lin tentunya mengejutkan masyarakat mengingat namanya dikenal di dunia gim dan produksi televisi di China.

Lin Qi - yang juga dikenal sebagai Titan Lin - adalah pengusaha asal China yang mendirikan Youzu Interactive, nama lain Yoozoo Games. Ia lahir pada November 1981.

Lin mendirikan Yoozoo di tahun 2009 dan mengakuisisi adaptasi film buku Three-Body Problem milik Liu Xicin. Bukunya sukses diterjemahkan ke berbagai bahasa asing dan proses adaptasi dilakukan sejak beberapa tahun lalu namun terus ditunda.

Di sela proses adaptasi buku tersebut, Lin Qi membuat gim Game of Thrones: Winter is Coming bersama para kreator serialnya, David Benioff dan D.B. Weiss. Kerja sama keduanya akan dilanjutkan melalui serial Three-Body Problem.

Selain itu, Lin Qi juga dikenal sebagai produser untuk film Jackie, High School Musical: China, serta The Crossing. Sosok Lin lebih dikenal publik atas proyeknya di dunia gim dan film dibandingkan dengan kehidupan pribadinya.

Karena kabar kematiannya, proses adaptasi Three-Body Problem harus ditunda sampai Kepolisian Shanghai menemukan pelakunya.

Diduga, seorang rekan kerja Lin bermarga Xu menjadi dalang di balik kematian Lin. Ia memberi teh pu-erh yang dicampur dengan racun. Disinyalir, konflik mengenai pekerjaan menjadi alasan dia membunuh Lin.

Pada 16 Desember, Lin pergi ke rumah sakit karena mengalami gejala penyakit akut tetapi kondisinya mulai parah dan Lin masuk ke ICU. Kemudian keesokan harinya tubuhnya menunjukan sinyal kematian otaknya.

Lin Qi meninggal pada 25 Desember di Shanghai pada usia 39 tahun. Saat ini, Yoozoo Games sedang mempertimbangkan pengganti Lin.