4 Alasan Pentingnya Penggunaan Intonasi Positif saat Bicara dengan Anak
Ilustrasi (Fizkes/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap orang tua banyak memikirkan tentang bagaimana adab saat anak berbicara dengan orang tua dan bagaimana mereka berperilaku. Sayangnya, sebagai orang tua justru luput memperhatikan apa yang dikatakan dan bagaimana cara penyampaiannya pada anak.

Nada suara yang Anda gunakan dan kalimat-kalimat baik perlu disampaikan saat berbicara pada anak, bahkan ketika sedang menegur mereka sekalipun. Berikut ini adalah beberapa alasan penting mengapa intonasi positif saat bicara dengan anak penting diperhatikan.

Anak lebih mau mendengar

Sebagai orang dewasa, Anda pasti senang jika seseorang berbicara pada Anda dengan intonasi lembut. Sama halnya dengan anak. Mereka juga menyukai hal serupa. melansir Very Well Family, Jumat, 6 Januari, terlebih lagi saat Anda memarahinya, berusahalah melontarkan kalimat-kalimat baik dengan intonasi  tenang. Anak akan lebih mendengarkan apa yang Anda katakan dibandingkan membentak atau menaikan suara Anda.

Membentak anak kurang efektif

Ketika membentak atau berbicara secara agresif pada anak, alih-alih mendapat hal baik, justru tindakan ini bisa merusak hubungan antar Anda dan anak. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa membentak sama bahayanya dengan perilaku disiplin yang agresif.

Anak mungkin akan mendengar dalam jangka pendek, namun jika Anda ingin anak mengembangkan keterampilan yang dia butuhkan untuk mengatur perilakunya sendiri. Berbicara padanya dengan intonasi dan kalimat yang baik jelas merupakan pilihan tepat.

Anak bisa belajar dari orang tua

Jika Anda ingin anak berbicara dengan sopan santun pada Anda. Maka hal mutlak yang perlu dilakukan yaitu Anda harus melakukan hal tersebut terlebih dahulu pada anak. Apabila Anda terus menerus mengkritik dan berbicara kasar padanya, maka dia pun akan berperilaku yang sama pada orang tuanya.

Membangun hubungan lebih kuat dengan anak

Ketika Anda memperlakukan anak dengan baik, Anda akan memperkuat ikatan antar anak dan orang tua. Ucapkan "Terima kasih" dan "Tolong" saat Anda berbicara dengan anak. Serta, jelaskan dengan tegas bahwa Anda mengharapkan dia melakukan hal yang sama pada Anda. Memperlakukan satu sama lain dengan sopan santun dan rasa hormat akan membuat Anda lebih dekat. Sebaliknya, perkataan dan perlakuan kasar hanya akan menjauhkan hubungan anak dan orang tua.