Bagikan:

JAKARTA - Sebagai seorang penyanyi, pita suara tentunya memiliki peran penting. Judika Nalon Abadi Sihotang atau dikenal dengan nama Judika, penyanyi berdarah Batak menceritakan permasalahan yang pernah ia alami dengan pita suaranya.

Karena karakternya yang kerap bernyanyi dengan nada tinggi, ditambah dengan jadwal manggung yang padat, Judika memutuskan untuk mengistirahatkan pita suaranya pada akhir tahun 2022. Judika pergi berlibur dengan keluarganya ke Eropa sekaligus mengistirahatkan pita suaranya.

“Baru aja balik kemarin malam dari Perancis. Sekarang pita suaranya sudah kembali sehat dan tahun ini mudah-mudahan tidak ada yang terlalu berat lagi buat suaranya,” kata Judia saat ditemui awak media di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Rabu, 4 Januari.

Judika memastikan bahwa di tahun 2023 ini, dirinya siap kembali tampil ke panggung dengan membawa kualitas terbaiknya. “Sekarang semuanya sudah pulih, sudah bisa hadir ke semua event yang sudah terjadwal dan siap memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Permasalahan pada pita suara bukanlah yang pertama kali dihadapi Judika. Sebelum pandemi, ia juga sempat mengalami permasalahan serupa.

Namun, di tahun 2022 terdapat beberapa kontrak yang mengharuskannya tampil dalam jadwal yang sangat padat. “Pas pandemi dibuka, karena banyak jadwal yang tertunda, akhirnya jadwalnya jadi 2 kali lipat. Sehari bisa 2 kali nyanyi, jadi istirahatnya itu sedikit banget,” tuturnya.

Ke depan, untuk mencegah permasalahan yang sama pada pita suaranya, Judika dan manajemennya sudah membuat kesepakatan. Ia meminta, dalam seminggu setidaknya asa satu hari dimana ia harus beristirahat. “Jadi ya ada kerja ada istirahat,” pungkasnya.