Bukannya Sehat, 5 Kesalahan Perawatan Ini Justru Bikin Rambut Jadi Rusak
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Punya rambut indah dan sehat adalah dambaan semua wanita. Untuk mewujudkan hal itu, kebanyakan orang akan pergi ke salon dan menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Namun beberapa kesalahan, termasuk merawat rambut secara berlebihan justru membuat rambut kering, bercabang, hingga rusak. Guna memperoleh hasil maksimal dari perawatan rambut, hindari kesalahan berikut ini ya.

Membiarkan rambut terlalu panjang

Memiliki rambut panjang memang indah karena bisa ditata banyak gaya. Namun, jika rambut dibiarkan terlalu panjang justru bisa sebabkan kerusakan seperti ujung bercabang, kering, dan mudah rontok. Untuk itu, guntinglah rambut Anda secara teratur minimal setiap delapan minggu sekali. Atau pertimbangkan memotong rambut dengan potongan sebahu ke atas untuk rambut yang lebih sehat dan tampak lebih penuh.

Memakai sampo yang merusak warna cat rambut 

Jika Anda mengecat rambut, gunakan sampo yang aman dan tidak merusak warna cat rambut. Tanpa sampo khusus, warna cat akan memudar dengan cepat dan rambut bisa mengering. Penggunaan sampo yang dapat membersihkan rambut secara lembut tanpa merusak warna dan memberikan kelembapan yang tepat. Bagi yang memiliki rambut pirang, hindari beberapa sampo yang diklaim dapat mencerahkan warna rambut. Jika kita terlalu sering menggunakan sampo tersebut, rambut kita akan terlihat kusam dan berwarna abu-abu atau gelap.

Menggunakan terlalu banyak produk

Menggunakan terlalu banyak produk berbeda sekaligus dapat memberikan efek buruk pada rambut. Sisa produk yang Anda gunakan dapat menumpuk di rambut sehingga rambut bisa rusak. Cukup investasikan uang untuk beberapa produk saja, seperti vitamin rambut, pelindung panas, dan sampo tanpa bilas.

Menyisir rambut dalam kondisi basah 

Rambut basah tidak hanya berat, namun juga lebih rapuh. Jika Anda menyisir rambut dalam kondisi tersebut, maka akan banyak helai rambut yang rontok. Sebagai gantinya, sisir rambut sebelum kita mandi dan keramas. Menyisir rambut sebelum basah adalah kunci untuk menghindari rambut kusut. Begitu selesai mandi, gunakan sikat atau sisir yang memang dirancang khusus untuk mengurai rambut dalam kondisi basah.

Menggunakan handuk secara kasar saat mengeringkan rambut

Jangan meregangkan dan menarik rambut yang basah. Ketika mengeringkan rambut, gunakan handuk secara halus dan tidak terlalu menekan rambut. Intinya, handuk menjadi sarana untuk menghilangkan kelembapan di rambut, bukan merusak rambut.