Beda Agama dengan Sang Ibu, Susan Sameh Ikut Rayakan Natal dengan Pergi Ke Gereja
Susan Sameh (Instagram @susansameeh)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Susan Sameh mengungkap pengalaman menarik yang ada dalam keluarganya. Meski dirinya memeluk agama Islam, ia tetap merayakan Natal bersama ibunya yang memiliki keyakinan berbeda.

Susan Sameh berencana untuk menghabiskan masa Natal dan Tahun Baru kali ini bersama keluarganya yang memeluk agama Kristen. “Tahun baru ini mau ke Bandung, mau ngerayain Christmas sama mami. Mami aku kan ngerayain Christmas jadi aku temenin mami aku, udah gitu aku juga mau tahun baruan di situ,” kata Susan Sameh saat ditemui awak media di kawasan Senayan pada Sabtu, 17 Desember.

Aktris keturunan Mesir dan Tionghoa itu mengaku bahwa di dalam keluarganya yang terdapat perbedaan keyakinan sangat menjunjung toleransi. “Aku sangat toleransi banget sama mami aku, karena apapun yang kita pilih, keyakinan itu kan ada di diri kita, jadi aku enggak mau men-judge orang atau memaksakan mami aku,” ujarnya.

Bahkan Susan Sameh sangat menantikan perayaan Natal tahun ini, setelah di tahun sebelumnya tidak bisa merayakan Natal ke gereja. “Natal tahun ini benar-benar senang, karena tahun lalu mami aku enggak bisa ke gereja karena pendemi, mudah-mudahan tahun ini bisa temanin mami ke gereja untuk ngerayain Christmas dan berdoa,” ungkap Susan.

Susan menjelaskan keterlibatannya dalam perayaan Natal sebagai bentuk dukungannya terhadap keyakinan sang ibu. “Bentuk aku support mami adalah, aku tahu walaupun di keluarga aku ada beda agama, kaya aku dan mami aku. Tapi aku gimanapun tetap support mami,” katanya.

Sebaliknya, sang ibu juga turut mendukung berbagai ibadah yang dilakukan Susan Sameh. “Yang penting saat mami sedang merayakan aku ada sama dia, karena pas aku bulan puasa pun mami aku ikutan puasa, malah dia suka bangunin sahur,” sambungnya.

Susan Sameh menjelaskan bahwa apa yang dilakukan terhadap ibunya sudah berjalan selama bertahun-tahun, dan mereka baik-baik saja untuk menjalaninya. “Aku tuh kalau tahun baruan, mau sesibuk apapun aku selalu usahain untuk tahun baruan sama mami dan keluarga. Jadi aku berusaha saat mami merayakan, aku juga ada,” pungkasnya.