Cara Kembali Tidur Nyenyak Setelah Terbangun di Malam Hari
Ilustrasi (John-Mark Smith/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Siapapun pasti pernah mengalami terbangun di tengah malam. Sialnya jika sudah terbangun, namun tak bisa tidur kembali dengan cepat bisa mengganggu waktu tidur.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan Anda mengalami insomnia. Insomnia bisa membuat sulit jatuh tertidur, paling parah bisa berhari-hari. Beberapa ahli meyakini ada beberapa tips yang efektif agar Anda bisa kembali tidur dengan tenang dan tidak berisiko terkena insomnia. Berikut dirangkum dari WebMD, Kamis, 15 Desember.

Jangan melihat jam

Saat terbangun tengah malam, Anda pasti tergoda untuk melihat jam. Namun tiap melakukannya, kekhawatiran tentang jumlah jam tidur yang hilang karena terbangun muncul dan justru membuat stres. Jika suda begini, tentu Anda akan sulit rileks dan kembali pulas. Balikan jam ke arah dinding, letakkan jam tangan di laci, dan tahan keinginan memeriksa waktu di ponsel Anda.

Jauhi layar handphone atau laptop

Cahaya biru dari layar tablet, ponsel, atau laptop, memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya bangun. Hindari penggunaan perangkat seluler saat Anda terbangun tengah malam. Dan jika terlanjur atau terpaksa melakukannya, matikan layar satu jam sebelum Anda berencana tidur kembali.

Pindah ke kamar lain

Jika sudah terbangun selama 20 menit atau lebih, cobalah beranjak dari tempat tidur di ruangan Anda sekarang dan pindah ke ruangan lain tanpa menyalakan lampu. Lakukan hal menenangkan yang bisa membuat Anda kembali terlelap. Misalnya menarik napas dalam-dalam atau membaca buku.

Jangan produktif

Anda mungkin tergoda memanfaatkan waktu terbangun ini melakukan hal-hal yang belum selesai dilakukan. Ingatlah, tengah malam bukan waktu tepat mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, atau berkreasi di dapur. Jika melakukan hal ini, otak akan merekam aktivitas tambahan di waktu tersebut. Akibatnya Anda akan kembali terbangun tengah malam keesokan harinya.

Merelakskan otot

Otot harus dalam keadaan rileks agar bisa tertidur. Jika Anda merasa resah karena kantuk tak kunjung muncul, otot juga bisa menjadi tegang. Lakukan teknik relaksasi progresif yang membantu menenangkan otot. Mulailah dari kaki Anda dan tekuk semua otot di jari kaki selama 5 detik, lalu relaks. Tarik napas dalam-dalam. Ulangi langkah ini dengan kaki, punggung, perut, dada, lengan, dan wajah. Anda akan merasakan perbedaannya.