Tips Mengubah Balkon Rumah Jadi Taman Sederhana
Ilustrasi (Evgenia Basyrov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika sisa lahan di rumah terlalu sempit untuk dijadikan taman. Sementara balkon rumah menganggur, Anda bisa menyulap area tersebut jadi taman yang indah. Jika ditata dengan baik, balkon rumah Anda berpotensi menawarkan pengalaman menenangkan pikiran dan jiwa. Saat jenuh, Anda bisa langsung keluar menuju balkon tanpa harus repot-repot berjalan jauh mencari taman. 

Oleh karena itu, mengubah balkon menjadi taman impian harus masuk dalam proyek DIY Anda selanjutnya. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut VOI rangkum tipsnya menyadur Times of India, Senin, 5 Desember.

Langkah pertama yaitu membersihkan area balkon hingga terlihat kosong dan lowong sehingga Anda bisa bercocok tanam. Jika area luar ruangan sudah bersih, lanjutkan lagi di dalam rumah dengan memindahkan letak furnitur menghadap ke arah balkon. Sehingga aura hijau nan estetik dari balkon bisa Anda rasakan sekalipun Anda berada di dalam rumah.

Hal terpenting lainnya yang perlu diperhatikan saat mempercantik balkon yaitu membuat saluran air dan perhatikan kemiringan lantai balkon. Jika tidak memungkinkan untuk dibuat saluran air, maka balkon tak bisa dijadikan taman karena air bisa tergenang.

Selanjutnya, untuk menambah nuansa hijau ke taman balkon, lakukan eksperimen. Jangan terpaku pada satu jenis tanaman atau pot yang sama. Coba letak tanaman di pot gantung, rak khusus, maupun di lantai agar menarik dipandang mata. Tambahkan juga kursi dan meja bambu di sudut balkon. Jadi, Anda punya kesempatan menikmati secangkir teh atau kopi pagi hari di taman Anda.

Warna dekorasi juga penting diperhatikan saat membuat taman. Pilih warna-warni alam agar kesan natural lebih terasa. Anda dapat memilih beberapa ubin berwarna tanah untuk tampilan yang lengkap. Perabotan balkon bisa dalam nuansa cerah seperti oranye terang yang memberi kesan luar seperti matahari. Anda juga bisa bereksperimen dengan warna biru laut untuk nuansa menenangkan. Untuk lantai,coba Kota stone yang kedap air atau ubin terakota.

Kemudian, lengkapi balkon dengan furniture yang terbuat dari anyaman rotan dan bambu. Hindari desain dinding yang berlebihan atau material modern seperti potongan SS atau CNC untuk mendapatkan taman balkon alami.

Ingat, tujuannya adalah membawa suasana luar ke dalam rumah sehingga setiap kali Anda perlu istirahat dan membutuhkan aura alam. Yang menenangkan untuk meningkatkan kreativitas, yang harus dilakukan hanyalah melangkah ke balkon Anda.