Ketika Shawn Mendes Salah Sebut Gender Sam Smith
Shawn Mendes (Instagram @shawnmendes)

Bagikan:

JAKARTA - Shawn Mendes meminta maaf kepada Sam Smith setelah secara tidak sengaja membuat kesalahan terkait gender. Hal tersebut terjadi saat Mendes memperkenalkan Smith di konser virtual.

Smith mengungkap dirinya sebagai non-biner (bukan pria maupun wanita) dan genderqueer pada Maret 2019. Enam bulan kemudian, ia menegaskan bahwa ia tak mau dipanggil dengan kata ganti "He/Him" (untuk pria) maupun "She/Her" (untuk wanita). Pelantun Dancing with a Stranger ini mengklaim kalau ia lebih suka disebut dengan panggilan "They/Them".

Namun ketika Smith tampil di Jingle Ball virtual iHeartRadio pada Kamis, 10 Desember, Mendes secara tidak sengaja membuat kesalahan beberapa kali saat memperkenalkan Smith.

Mendes meminta maaf kepada Smith di Instagram Story-nya pada Jumat, menulis: "Oh @samsmith, saya minta maaf karena menyebut Anda sebagai 'dia' untuk pengenalan jingle ball Anda.

“Benar-benar tergelincir dalam pikiran saya. Tidak akan terjadi lagi… Mengirimi Anda begitu banyak cinta! Anda juga benar-benar salah satu orang paling lucu yang pernah saya temui! "

Dalam acara itu, Smith melanjutkan untuk membawakan lagu baru dari album ketiganya Love Goes dan menyanyikan Have Yourself a Merry Little Christmas versi sendiri. Ia tidak menyinggung kesalahan Mendes selama pertunjukan itu.

Namun, Smith dengan cepat menerima permintaan maaf Mendes di media sosial. Pelantun Diamonds tersebut membagikan postingan Mendes di Instagram Story dan menulis: "Kita semua belajar bersama", dilengkapi dengan dua emoji hati.

"Selamat liburan, sepenuhnya cintaku," tambahnya.

Insiden itu terjadi hanya beberapa minggu setelah Smith memberi tahu CBS bahwa dirinya sama sekali tidak siap untuk banyaknya ejekan yang ia terima setelah mengaku sebagai non-biner.

“Gender, bagi saya, tidak lain adalah traumatis dan menantang sepanjang hidup saya. Sangat sulit untuk dijelaskan. Saya hanya merasa seperti diri saya sendiri. Saya tidak merasa seperti laki-laki, pada dasarnya," kata Smith.