Dari Artis hingga Putra Presiden, Ini Publik Figur yang Punya Klub Sepak Bola di Indonesia
Ilustrasi sepak bola (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Antusiasme masyarakat di Tanah Air terhadap sepak bola tak kalah tinggi dari negara-negara lain. Tidak hanya menjadi ajang permainan dan olahraga saja, sepak bola juga dianggap menjadi ladang bisnis. Beberapa publik figur bahkan memiliki klub sepak bola mereka sendiri. Lalu siapa saja publik figur yang punya klub sepak bola di Indonesia?

Publik Figur yang Punya Klub Sepak Bola

Beberapa klub sepak bola di Indonesia justru dimiliki oleh artis hingga pejabat. Mereka memberikan angin segar untuk dunia sepak bola Tanah Air, terutama di bidang pengelolaan klub dan fair play. Berikut ini beberapa publik figur yang memimpin klub sepak bola.

  1. Prilly Latuconsina

Siapa sangka, pemain sinetron dan film Prilly Latuconsina ternyata memiliki klub sepak bola Persikota Tangerang. Padahal sebelum terjun ke dunia sepak bola, Prilly tak menunjukkan tanda-tanda ketertarikannya atas sepak bola.

Prilly Latuconsina membeli klub bola asal Tangerang itu pada awal 2022 lalu. Setelah ia mengungkapkan keinginannya, pihak Persikota kemudian memberikan respon kepada Prilly dan mengundangnya untuk menyaksikan tim asal Tangerang saat berlatih di stadion.

Persikota Tangerang memiliki julukan Bayi Ajaib. Persikota Tangerang juga sempat mejeng di Liga 1 Indonesia, kasta tertinggi liga Indonesia, pada era 90-an sampai 2000. Sayangnya prestasi sang Bayi Ajaib tak bisa dipertahankan.

Di bawah kepemilikan Prilly, nama Persikota Tangerang diharapkan mampu menjadi dongkrak terutama dari segi performa agar bisa kembali ke Liga 1 Indonesia.

  1. Gading Marten

Aktor Gading Marten ternyata juga membeli saham klub sepak bola Persikota Tangerang. Namun karena muncul masalah internal, akhirnya ia menjual saham klub sepak bola tersebut. Pria bernama lengkap Angling Gading ini kemudian hengkang dari Persikota Tangerang.

Kiprahnya di dunia sepak bola tak sampai situ saja. Ia kemudian dipinang oleh Persik Kediri pada 28 Desember 2021. Gading menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Marketing Persik Kediri.

  1. Raffi Ahmad

Pemilik RANS Entertainment Raffi Ahmad jadi artis pertama yang memiliki klub sepak bola. Ia membeli klub asal Cilegon, Cilegon FC. Pengelolaan klub sepak bola miliknya itu diserahkan kepada RANS dan Rudy Salim.

Nama Cilegon FC juga berganti menjadi RANS Cilegon FC. Perkembangannya pun cukup baik karena berhasil lolos ke Liga 1, kasta tertinggi di liga Indonesia.

  1. Atta Halilintar

Seoalah tak mau kalah, YouTuber Atta Halilintar juga melakukan akuisisi klub sepak bola. Ia kemudian membeli klub PSG Pati yang kini berganti nama menjadi AHHA PS Pati FC. Sejumlah perubahan pun dilakukan Atta mulai dari logo hingga manajemen klub.

Keinginan Atta untuk memiliki klub sepak bola makin menjadi saat ia bertemu dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI Mochamad Iriawan. Kala itu keduanya juga sempat menghadiri kongres PSSI pada 29 Mei 2021. Tak lama berselang, Atta makin mantap terjun ke dunia sepak bola.

  1. Kaesang Pangarep

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, banyak dikenal sebagai pengusaha kuliner Indonesia dan YouTuber. Namun siapa sangka ia menjadi pemilik saham terbesar klub sepak bola asal Solo, Persis Solo.

Kaesang memiliki 40 persen saham Persis Solo. Pembelian tersebut diumumkan pada saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) pada bulan Maret 2021 lalu.

Itulah informasi terkait publik figur yang punya klub sepak bola. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.