5 Kesalahan Dekorasi Ini Bisa Bikin Rumah Besar Tampak Lebih Kecil
Ilustrasi (Curtis Adam/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki rumah besar memang jadi idaman banyak orang. Pasalnya, rumah besar akan terasa lebih leluasa dibanding rumah kecil. Pun perabotan rumah bisa lebih bebas ditempatkan di mana saja sesuai keinginan. Namun, mendekorasi rumah besar tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika dekorasi tidak dilakukan dengan benar maka rumah dengan ruangan besar pun akan tampak lebih kecil. Melansir Southern Living, Jumat 28 Oktober VOI merangkum kesalahan dekorasi yang bikin ruangan tampak lebih kecil.

Menggunakan cat dinding berwarna gelap

Jika Anda memiliki ruangan kecil, sebaiknya hindari penggunaan cat dinding berwarna gelap. Sebaliknya, pilih warna terang dan cerah untuk kesan ruangan yang lebih luas. Untuk kesan manis, Anda bisa tambahkan bunga hias di beberapa sudut ruangan berwarna soft.

Memiliki Furnitur Besar

Jika Anda ingin menjaga ruangan tetap terasa luas maka jangan menempatkan benda-benda besar dan berat di ruangan. Jika Anda memiliki dua nakas, Anda tidak perlu mencocokkan dekorasinya. Anda hanya perlu pandai menempatkan nakas-nakas tersebut di tempat yang tepat.

Membiarkan Rumah Tetap Berantakan

Baik itu tumpukan surat, pernak-pernik kecil, atau pakaian kotor yang ada di sudut, jika benda-benda tersebut tidak ditaruh ditempat yang benar, maka ruangan akan tetap terasa sempit. Memiliki tempat yang tepat untuk segala sesuatu akan membantu Anda tetap teratur dan menghilangkan potensi situasi yang berantakan.

Tidak Cukup Cahaya yang Masuk

Ruang dengan cahaya yang minim akan terlihat lebih sempit dari ukuran sebenarnya karena seseorang  tidak dapat melihat dengan jelas panjang dan luas ruangan tersebut. Untuk mengatasinya, gunakan cahaya alami dengan memiliki jendela besar. Namun, jika ruangan Anda tidak memiliki jendela, Anda bisa mengatasinya dengan pencahayaan buatan seperti lampu langit-langit atau lampu meja. Saat cahaya mengalir ke ruangan, maka cahaya tersebut dapat membuat ilusi ruangan yang lebih luas.

Tidak Meletakkan Cermin

Cermin yang ditempatkan di sudut yang tepat akan membuat ruangan lebih berkesan luas. Dengan cermin yang tepat, ruangan akan terasa jauh lebih besar dari yang sebenarnya. Coba gabungkan cermin lingkaran di atas meja rias Anda atau cermin berdiri klasik di sudut ruangan.