7 Ciri Pasangan Sudah Tidak Menghargai Kamu, Segera Tinggalkan
Ilustrasi (Trym Nilsen/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Memilih pasangan hidup jelas tidak boleh asal-asalan. Pendamping hidup Anda kelak, akan memengaruhi banyak aspek kehidupan yang Anda miliki termasuk kesehatan mental.

Bukan tak mungkin, Anda akan tersiksa secara batin karena perlakuan atau ucapan pasangan. Salah satu indikasinya adalah ketika pasangan tidak menghargai Anda. Bahkan, saking seringnya tidak dihargai dan diperlakukan buruk justru membuat Anda mempertanyakan apa yang salah dengan diri Anda sendiri.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya dan jadikan tanda bahwa hubungan yang Anda jalani sudah tidak sehat lagi.

Tidak Berterima Kasih

Melansir Inspiring Tips, Selasa, 4 Oktober, jika Anda tidak pernah mendengar pasangan mengucapkan ‘terima kasih’ atas upaya Anda untuk membantunya, dia jelas tidak menghargai Anda. Jika dia benar-benar menghargai Anda sebagai pasangan, dia tidak akan mengabaikan pengorbanan Anda untuk menjadi pasangan yang baik. Dia akan berterima kasih untuk setiap hal kecil yang Anda lakukan untuknya.

Dia Mengatakan Apa yang Anda Lakukan untuknya Tidak Cukup

Setiap kali Anda menyampaikan tentang perasaan Anda, apakah dia merespons dengan mengatakan bahwa upaya Anda tidak cukup? Apakah dia menuntut hal-hal yang tidak realistis dari Anda, seperti menjadi 'cantik', 'pintar', atau 'kaya' agar dia bisa memamerkan Anda kepada orang lain atau mendapatkan lebih banyak dari Anda? Jika jawabannya ‘ya’ maka tidak bisa dipungkiri bahwa pasangan tidak menghargai Anda.

Tidak Mencoba Berbuat Baik

Mengingat semua yang telah dilakukan untuk pasangan Anda, apa yang dia lakukan untuk 'membayar kembali' kebaikan Anda? Mungkin Anda bisa dengan mudah mendatanginya saat ia terlibat kesusahan. Namun, apakah pasangan berlaku sama pada Anda? Jika Anda tidak dapat mengandalkannya selama masa-masa sulit, itu berarti pasangan perlu segera Anda tinggalkan.

Dia Membandingkan Usaha Anda dengan Orang Lain untuk Dirinya

Apakah dia dengan blak-blakan memberi tahu Anda bahwa teman-temannya dapat membantunya lebih dari Anda? Jika dia mencoba mengintimidasi Anda dengan mengatakan bahwa dia bisa bergantung pada mereka lebih dari Anda, dia jelas tidak menghargai Anda sebagai pasangan.

Lebih Mendengarkan Pendapat Orang Lain daripada Anda

Ciri pasangan sudah tidak lagi menghargai Anda yaitu saat ia meminta Anda diam setiap kali Anda ingin curhat. Selain itu, ia juga tidak menerima ide-ide yang Anda sampaikan untuk kebaikannya. Ia justru lebih menghargai pendapat orang lain dibandingkan Anda. Jika pasangan sudah menunjukkan sikap seperti ini, sebaiknya pertimbangkan untuk mengakhiri hubungan sesegera mungkin.

Membatalkan Janji dengan Anda dan Membuat Janji Baru dengan Orang Lain

Ini bukan hanya tentang kurangnya rasa menghargai, tetapi ini juga menunjukkan bahwa ia sudah tidak lagi menghormati Anda. Jika ia menghargai waktu Anda, ia akan menepati janji yang sudah disepakati sebelumnya. Jika ia menghargai Anda, ia tidak akan memberikan waktunya pada orang lain. Anda tidak bisa bicara tentang menghargai jika tidak ada rasa menghormati.

Dia Tidak Membawa Anda Bertemu Keluarga atau Temannya

Apakah kehadiran Anda dalam hidup pasangan seakan disembunyikan dari orang lain? Misalnya, ia tidak pernah mengundang Anda ke pertemuan keluarganya atau saat ia kumpul-kumpul bersama teman. Jika seperti ini, maka ia tidak menghargai Anda sebagai pasangannya, begitu juga dengan hubungan kalian. Jika ini masalahnya, tidak ada guna mempertahankan pasangan Anda.