Menurut Ahli, Badan Pegal dan Mudah Jatuh Sakit Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kurangnya vitamin D atau defisiensi sering tidak disadari oleh masyarakat lantaran keluhan yang dirasakan sangat ringan atau tidak ada sama sekali padahal ciri-cirinya bisa saja dirasakan setiap hari. dr. Adam Prabata, dokter umum dan kandidat PhD di ilmu kedokteran mengatakan bahwa banyak faktor yang menyebabkan seseorang kekurangan vitamin D yakni fisiologis, seperti usia dan kondisi kesehatan, tidak mendapat paparan sinar matahari yang memadai, kebiasaan berpakaian, penggunaan tabir surya, gaya hidup hingga kurang asupan makan yang bergizi.

"Kurangnya vitamin D banyak dialami masyarakat namun tidak disadari karena keluhannya sangat ringan. Namun badan kita bisa menunjukkan beberapa gejala kalau mengalami kekurangan vitamin D," ujar dr. Adam melansir ANTARA.

Gejala pertama yang umum dirasakan oleh seseorang yang kekurangan vitamin D adalah rendahnya daya tahan tubuh sehingga kita lebih mudah sakit atau terkena infeksi. Vitamin D berperan penting dalam imunitas terutama untuk infeksi saluran napas atas seperti batuk dan pilek. Vitamin D ini bisa berperan untuk mencegah agar tidak terlalu sering terjadi.

Kekurangan vitamin D juga bisa ditandai dengan sering merasa kelelahan dan kualitas tidur yang menurun. Kualitas tidur yang kurang baik akan membuat seseorang merasa kelelahan dan pegal-pegal.

"Kekurangan vitamin D dapat berpengaruh pada kualitas tidur, kalau kualitas tidur enggak baik ketika menjalani hari-hari rasanya akan lebih lelah," kata dr. Adam.

Sakit pada tulang dan otot merupakan salah satu dari gejala kekurangan vitamin D. Umumnya orang-orang akan mengalami nyeri pada tulang belakang atau punggung yang mudah pegal, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

"Orang yang kurang vitamin D akan lebih sering mengalami sakit tulang belakang yang kronis dan berkepanjangan dan sering nyeri otot atau pegal-pegal di seluruh badan, kalau orang dewasa akan lebih terasa di area tangan, kaki atau area atau punggung," ujarnya.

Gejala terakhir dari kekurangan vitamin D adalah penyembuhan luka yang lama. Menurut dr. Adam, vitamin D berperan penting dalam proses penyembuhan luka terutama ketika radang. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka akan berpotensi mengganggu proses penyembuhan luka dari tahap awal hingga akhir ketika kulit baru terbentu