Film Pertama Sukses, James Cameron Buang Naskah <i>Avatar 2</i> yang Ditulis Setahun
Avatar (20th Century Fox)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara James Cameron mengalami tekanan berat ketika menggarap sekuel film Avatar. 13 tahun jarak antara bagian pertama dengan kedua bukan tanpa alasan, bahkan Cameron pernah membuang naskah Avatar 2.

“Ketika saya duduk dengan para penulis untuk memulai Avatar 2, saya bilang kita tidak bisa membuat bagian kedua sampai kita mengerti mengapa film pertamanya sangat sukses,” kata James Cameron mengutip The Times UK.

James Cameron ingin bagian sekuel ini sempurna dalam aspek apa pun melewati bagian pertamanya. Ia menyebutnya sebagai mencari formula kesuksesan tersebut.

“Semua film bekerja dengan tingkatan berbeda. Pertama adalah permukaan seperti karakter, masalah dan resolusi,” ujarnya.

“Kedua adalah tematik. Apa yang ingin disampaikan lewat film ini? Tapi Avatar juga bekerja di tingkatan ketika, bawah sadar,” lanjutnya.

Rasa bawah sadar yang dimaksud Cameron adalah mengapa audiens menonton film Avatar lebih dari sekali. Kesempatan itu juga terulang mengingat pihak 20th Century Fox menayangkan lagi Avatar.

Akan tetapi James Cameron menyadari bahwa kesempatan itu tidak mungkin terulang kembali.

“Saya menulis seluruh naskah untuk sekuel, membacanya, dan menyadari ini tidak mencapai tingkatan ketiga. Boom. ulang lagi. Hingga setahun,” katanya.

“Ya saya juga mengeksplorasi untuk sesaat. Karena saya pembuat film jadi saya bisa mengembangkan ekspedisi saya. Saya lebih baik eksplor dan melihat sesuatu yang tidak dibayangkan nyata oleh orang lain daripada membuatnya,” jelas Cameron.

Terlepas dari itu, James Cameron menyadari animo Avatar mulai bangkit. Hal ini terbukti dari teaser trailer yang dirilis mencapai 148 juta penonton dalam 24 jam.

“Saya sempat khawatir kalau saya meregangkan cerita terlalu jauh di dunia modern, cepat dengan Avatar 2 yang rilis 12 tahun kemudian,” kata James Cameron.

“Hingga ketika kami merilis teaser trailer dan mendapat 128 juta views dalam 24 jam. Akan jadi pengingat seperti wow kita sudah lama tidak melihat seperti itu. Tapi kita ingin betapa kerennya film itu,” jelasnya.

Sekuel Avatar yang diberi judul Avatar: The Way of Water masih diarahkan Cameron. Film ini juga dibintangi Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, Kate Winslet, Vin Diesel, dan Michelle Yeoh.

Sementara itu rumah produksi merilis ulang Avatar dengan format restorasi 4K. Penayangan ini sebagai pengingat sebelum film Avatar 2 dirilis pada Desember 2022.