Dibintangi Naysilla Mirdad, Film Inang Terinspirasi Mitos Rabu Wekasan
Film Inang (IDN Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Inang merupakan film yang menawarkan pelajaran seputar kehamilan perempuan dan kaitannya dengan kepercayaan serta tradisi Jawa, Rabu Wekasan. Cerita film ini berpusat pada tokoh Wulan (Naysila Mirdad) yang merupakan seorang karyawan supermarket biasa.

Namun, konflik bermula saat Wulan mengetahui bahwa dirinya hamil di luar rencana. Oleh karena itu, akhirnnya dia bertemu dengan keluarga Santoso yang bersedia mengadopsi bayinya kelak. Akan tetapi, keanehan demi keanehan pun muncul saat dia tinggal bersama keluarga tersebut.

Wulan harus berjuang untuk menyelamatkan bayinya sambil melawan kekuatan jahat yang menghalanginya. Trailer film ini juga memperlihatkan pahitnya perjuangan seorang ibu untuk mengambil alih hidupnya kembali.

Film Inang mengembangkan unsur mitos Jawa yaitu Rabu Wekasan atau Rebo Wekasan yang menjadi inspirasi utama alur cerita dari film ini. Film yang juga dibintangi oleh Lydia Kandou, Dimas Anggara, Rukman Rosadi, Rania Putrisari, Totos Rasiti, Pritt Timothy, Emil Kusumo ini dijadwalkan akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada 13 Oktober 2022.

Sutradara Fajar Nugros menjelaskan alasannya mengangkat mitos Rabu Wekasan di film Inang karena pengaruh pengalaman masa kecilnya saat tinggal di Yogyakarta.

"Soal mitos Rabu Wekasan itu ini latar belakangnya karena dulu saya kecil di Jogja. Dan Jogja sangat lekat dengan beberapa waktu sekali selalu ada selametan supaya kita selamat. Melakukan ritual-ritual tertentu. Itu untuk kita yang tidak lahir di hari sial," jelas Fajar dikutip dari ANTARA, beberapa waktu lalu.

"Namun suatu hari saya berpikir, kalau kita lahir di hari yang sial itu, maka selamatan seperti apa yang harus kita lakukan? Dan saya pikir yang paling ditakuti sama orang tua saya dan orang di sekitar saya adalah Rebo Wekasan yaitu Rabu terakhir di bulan Safar," sambungnya.

"Menariknya juga di film 'Inang' ini kami mengangkat cerita tentang perempuan dan besarnya kekuatan cinta orang tua kepada keluarga khususnya kepada anaknya dengan background tradisi yang sangat dekat sekali dengan kita. Tapi mungkin kita tidak menyadarinya," tambah Susanti Dewi selaku Head of IDN Pictures.

Inang juga berkesempatan untuk melakukan World Premiere di ajang BIFAN 2022 di Seoul, Korea Selatan pada bulan Juli 2022 lalu.